PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Rahma Diani Harahap IPTS
  • Nabilah Siregar
  • Perima Simbolon

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh model auditory intellectually repetition terhadap karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksprimen. populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah 96 siswa dan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan mengunakan aplikasi SPSS 22. Hasil perhitungan penggunaan model auditory intellectually repetition diperoleh nilai rata-rata 85,16 pada kategori “Sangat Baik”. Untuk karakter siswa pada karakter tanggung jawab dengan menggunakan model auditory intellectually repetition diperoleh nilai rata-rata 55,72 kategori “Kurang”. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan model auditory intellectually repetition diperoleh nilai rata-rata 83,40 pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 22 diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0.05 berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh model auditory intellectually repetition terhadap karakter dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur.

                           

Kata kunci: Model Auditory Intellectually Repetition, karakter tanggung jawab.

Published
2020-05-01