ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

  • Aisah Ainil Mardiah
  • Nurhidaya Fithriyah Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nabilah Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dalam pembelajaran daring di kelas XI IPA SMA N 1 Angkola Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan  yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah 99 siswa dan sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Instrumen yang digunakan yaitu tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data (reduction), penyajian data (display) dan verifikasi. Hasil tes belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dalam pembelajaran daring diperoleh sebesar 38,18 dan tergolong dalam kategori “gagal” hal ini disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Untuk hasil angket faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada faktor minat diperoleh  sebesar 65,15% berada pada kategori “cukup”, faktor motivasi diperoleh sebesar 51,51% temasuk dalam kategori “kurang” faktor keluarga diperoleh 71,96 kategori “baik” lingkungan sekolah diperoleh 68,18% kategori “cukup”, dan lingkungan masyarakat diperoleh 62,12% kategori “cukup”. Indikator materi pelajaran pada pembelajaran daring diperoleh persentase sebesar 56,81% kategori “kurang”,indikator latihan soal diperoleh 58,58% kategori “kurang”, indikator multimedia diperoleh 69,69% kategori “cukup”, indikator komunitas diperoleh 62,62% kategori “cukup”, dan indikator guru online diperoleh 70,90% kategori “baik”.

Published
2021-05-05