PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN VIDEO CONFERENCE UNTUK PENDUKUNG PEMBELAJARAN INFORMATIKA TERAPAN DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO

Main Article Content

Dimas Bayu Sasongko Noor Fatirul Hartono .

Abstract

E-learning dengan Moodle, Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Internet. Dalam pelaksanaan pembelajaran yang baik tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang nantinya digunakan oleh masing-masing dosen atau Lembaga pendidikan. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran online yang banyak digunakan oleh lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi. Penelitian ini menggunaan metode penelitian Research and Development for Education  (R&D  for  Education). Model pengembangan yang  dilakukan mengadaptasi  model  pengembangan  ADDIE  yang  dikemukakan  oleh  Lee  dan Owens  (2004),  yaitu meliputi tahap Analysis,  Design,  Development, Implementation, dan Evaluation. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari data yang  diperoleh  pada  tahap Development dan Implementation.Pada  tahap  itu, dilakukan uji coba terhadap produk yang dikembangkan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran dan uji coba dilakukan  terhadap  20 tarunaProgram Studi Teknik Budidaya Perikanan pada Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.Hasil pengembangan Pengembangan E-Learning Dengan Video Conference Untuk Pendukung Pembelajaran Informatika Terapan Di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo (1) sangat diperlukan bagi mereka karena dapat memberikan motivasi dalam belajardan  (2)  Membantu  tugas  pendidik  dalam  meningkatkan  efektivitas  pembelajaran  di  Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sasongko, N. Fatirul, and H. ., “PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN VIDEO CONFERENCE UNTUK PENDUKUNG PEMBELAJARAN INFORMATIKA TERAPAN DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 236, Apr. 2019.
Section
Artikel

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Clark, Ruth C. and Mayer, Richard E. (2003). E-learning and the Science of Instruction. San Francisco: Pfeifferr.
Davis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Handojo, dkk. 2009. Aplikasi Video Conference Dengan Kemampuan Beroperasi Pada IPV4 DAN IPV6. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009), Yogyakarta, 20 Juni 2009.
Hidayah, Dkk. 2014. Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peristiwa Alam. Jurnal Didaktika Dwija Indria. Vol 2, No 4.
Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset
Kusuma, Febriana Artha. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (Lc) “5e” Berbantuan Lks Interaktif Berbasis Blog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tik Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Karmapati. Vol. 2, No. 1, Halaman 168-180
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabet.
Nurdiansyah, dkk. 2013. Implementasi Video Conference Pada Jaringan Hsupa (High Speed Uplink Packet Access) Dengan Media IPv6 Menggunakan Simulator Opnet Modeler v.14.5. Jurnal Mahasiswa TEUB, Vol1, No 4.
Power, Michael. 2007. From Distance Education to E-learning: a multiple case study on instructional design problems. E–Learning Journal, Vol.4 (1).
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Pt Bumi Aksara.