PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASIC LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KRIAN MATA PELAJARAN PPKN

Main Article Content

Andam Dewi Suryaman . Yoso Wiyarno

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang membutuhkan contoh-contoh dan buku-buku yang dapat membantu proses pembelajaran di dalam kelas seperti Lembar Kerja Siswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk lembar kerja siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, serta menguraikan kualitas produk lembar kerja siswa tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Bord and Gall. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lima langkah yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi ahli, 5) revisi produk, sehingga menghasilkan desain produk terkait lembar kerja siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk kelas VIII SMPN 2 Krian, sedangkan kuesioner digunakan untuk melakukan validasi oleh guru kelas, dan dua pakar kurikulum. Berdasarkan hasil validasi  memberikan skor 4,0 (Baik) dan 3,86 (Baik), lembar kerja siswa ini memperoleh skor rata-rata 3,97 dengan kategori Baik. Hasil Validasi berpedoman pada 12 aspek yaitu 1) Identitas atau judul LKS, 2) Kompetensi Dasar yang akan dicapai, 3) Waktu penyelesaian, 4) Peralatan atau bahan yang dibutuhkan, 5) Informasi singkat, 6) Langkah kerja, 7) Tugas yang harus dilakukan, 8) Laporan yang harus dikerjakan, 9) Masalah yang ditampilkan, 10) Aspek yang dikembangkan, 11) Penggunaan EYD, dan 12) Tampilan LKS. Berdasarkan hasil validasi diatas maka lembar kerja siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada subtema Bhineka Tunggal Ika bagi persatuan dan kesatuan untuk kelas VIII SMPN 2 Krian sudah layak diujicobakan lebih lanjut di Sekolah Menengah Pertama sebagai salah satu alat pembelajaran di dalam kelas

Article Details

How to Cite
[1]
A. Dewi, S. ., and Y. Wiyarno, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASIC LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KRIAN MATA PELAJARAN PPKN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 256, Apr. 2019.
Section
Artikel

References

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Hamalik, Oemar. 1985. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2008. Konsep Sistem InMetode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Badung: Alfabeta.
Sugiono. 2010. Konsep Sistem InMetode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Istiqomah dalam. 2016. The Development of Learning Material: Explanatio Text Based on Multimodal by Using Sway App in 11th grade of SMAN 1 Batu. International Journal of Education and Research Vol. 4 No. 9. 2016 : 313–322.
Usodo, Budi. Sutopo. C, Ekana, Henny. Kurniawati, Ira. Kuswardi, Yemi . 2016. Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft: Office Mix, Onenote, Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA Di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Volume 4 nomer 9 November 2016: 743-752.
Wahyuningtyas, Neni. Ratnawati, Nurul. 2016. Interactive Multimedia as Autonomous Learning Resource in the South Slope of Kelud Mt. In blitar Regency. Journal of Education and Practice Vol.7, No.29. (168-171).