PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI APLIKASI KAHOOTSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG KAB. PASURUAN

Main Article Content

Dessy Kartika Rini Suryaman . Yoso Wiyarno

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang pada umumnya dianggap sulit oleh siswa. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris bukan merupakan bahasa sehari-hari siswa baik di sekolah  ataupun di luar sekolah. Hal ini bisa dilihat dari nilai hasil belajar bahasa Inggris yang kurang jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain yang dianggap sama sukarnya. Permasalahan ini terjadi karena metode pembelajaran yang disampaikan oleh guru masih menggunakan cara tradisional, dengan  menggunakan sarana atau media yang minim dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif bahasa Inggris.Pemanfaatan aplikasi kahoot ini menjadi strategi yang tepat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dengan memanfaatkan teknologi serta dengan media ini dapat memudahkan siswa untuk memahami materi bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah jenis pengembangan menggunakan model Dick & Carey. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan setelah melewati validasi secara keseluruhan yaitu pada ahli desain media, ahli isi materi pembelajaran, penilaian teman sejawat, dan penilaian siswa dengan kualifikasi sangat baik.Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif bahasa Inggris melalui aplikasi kahoot sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran interaktif karena dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Rini, S. ., and Y. Wiyarno, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI APLIKASI KAHOOTSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG KAB. PASURUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 261, Apr. 2019.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016
Azhar, Arsyad.2011.Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Borg, W.R dan Gall, M.D.1983.Educatonal Research.An Introduction (4th ed.).
New York: Longman
Daugherty, dkk.2014.Using Early Childhood Education to Bridge the Digital Divide.Diund 20 Maret 2018 dari https://www.rand.org/content/dam/rand/ pubs / perspective/PE100/PE119/RAND_PE119.pdf
Degeng, I.N.S.2013.Pengembangan Modul Pembelajaran. Malang:LP3 Universitas Negeri Malang.
Dick, W and Carrey, L.1985.The Systematic Design Instruction.Second edition.Glenview. Illinoi: Scoot, Foreman and Company
Fanny, A.M., & Suardiman, S.P.2013.Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar kelas V:Jurnal Prima Edukasia,1(1),1-9.
Gerlach, V.S.,&D.P, Ely.1971.Teaching and Media A Systemic Approach. Colombus: Prentice Inc.
Hornby, A.S.1985. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford USA: Oxford University.
Iwamoto, D.H., Hargis J. Taitano, E., & Voung K.2017.Analyzing the Efficiancy of the testing Effect Using Kahoot on Student Performance. Turkish Online Journal of Distance Education, 80-93.
Kane, Thomas.s.2000.The Oxford Essential Guide to Write.(online).Available in htpp://en.wikipedia.org/wiki/text_linguistics.
Kemp,J.E. & Dayton, D.K.1985.Planning and Producing Instructional Media (2nd Ed), New York.
Neo, M and Neo, T.K.2002.Inovative Teaching: Integratine Multimedia into the Classroom in a Proble-Based learning Environment. Malaysia: Multimedia University Malaysia.
Philips, R.1997.A Practical guide for educational appplications. London: Kogan Page limited.
Pramono, Gatot.2008.Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
Richey, Rita C. Klein.2007. Design and Development Reseach. London: Lawrence Erlbaum Associate Inc.
Rochmat.2011.Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika, Malang: Universitas Negeri Malang
Santyasa, I Wayan.2009.Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I.M.2009.Arah Penelitian Pendidikan dan Budaya Pada LPTK di propinsi Bali. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Vaugan, T.2011.Multimedia: Making it works. 8th Edition. New York: McGraw Hill 2
Van den Akker, J.1999.Principle and Methods of Development Research London: Kluner Academic Publisher.
Wallace, C.2005.Critical Reading in Language Education. ELT Journal.59 (3).
Wikipedia.2008. Multimedia. Htpp://id.wikipedia.org/wiki/