PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGANOLIMPIADE SAINS INFORMATIKA PADA MATERI PEMROGRAMAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN DICK & CAREY

Main Article Content

Lely Andayati Suryaman . Yoso Wiyarno

Abstract

Kompetisi Olimpiade Sains bidang Informatika merupakan ajang bergensi yang menjadi agenda tahunan setiap sekolah tingkat atas atau SMA. Sejak hadirnya kompetisi ini,  Kementrian Pendidikan sudah mempersiapkan materi sebagai bekal pelatihan dengan hadirnya mata pelajaran TIK pada tahun 2004. Materi Olimpiade Sains Informatika yang memuat pemrograman komputer sangat sesuai dengan mata pelajaran TIK. Selama mata pelajaran TIK di terapkan di sekolah, guru pembimbing Olimpiade Sains Informatika dapat memberikan bimbingan dan memilih calon peserta kompetisi. Selama ini materi bahasa pemrograman pada mata pelajaran TIK sangat sedikit dibandingkan tingkat materi pada soal Olipiade Sains Informatika. Itulah sebabnya peserta Olimpiade Sains Informatika yang lolos ke tingkat nasional hanya di dominasi daerah-daerah tertentu saja atau belum rata seperti Olimpiade Sains bidang lain seperti Matematika, Biologi dan sebagainya. Harapan penulis modul bimbingan Olimpiade Sains Informatika ini dapat membangkitkan minat peserta didik untuk mengikuti seleksi Olimpiade Sains Informatika. Penulis yakin, setiap pelajar di Indonesia memiliki minat besar pada pemrograman terutama dengan hadirnya perangkat Smartphone dengan aplikasi baru yang sudah banyak berkembang. Produk pengembangan modul bimbingan Olimpiade Sains Informatika ini dapat menjadi pengetahuan dasar sebelum kompetisi atau  memperdalam ilmu bahasa pemrograman

Article Details

How to Cite
[1]
L. Andayati, S. ., and Y. Wiyarno, “PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGANOLIMPIADE SAINS INFORMATIKA PADA MATERI PEMROGRAMAN DENGAN MODEL PENGEMBANGAN DICK & CAREY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 49, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Alifsyah, Andi. 2018. Silabus Materi Olimpiade Sains Komputer 2018, http://www.scribd.com/document/362413636/Silabus-OSN-Informatika- Komputer-2018. Kemendikbud, Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Di akses tanggal 3 Juni 2018
Andayati, Lely. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran TIK dengan Metode Problem Solving Kelas XII di SMAN 1 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol 4 No.2 Juli 2016. ISSN:2337-7623. EISSN:2337-7615
Anderson, R.H. 1999. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Terjemahan oleh Yusuf Hadi Miarso, Slamet Sudarman, Yunarsih, Kusdarmanto, Dewi Salma dan Anung Haryono. 2000. Jakarta. CV. Rajawali
Arifudin, Arief Al-Badri. 2012. Education For Generation. Desain Pedidikan Menuju Kebangkitan Generasi Emas Indonesia. Palu SULTENG, eNdEcE.Press, 11
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bina Aksara
Arsyad, M. 2002. Teknologi dan Media Pembelajaran. Bandung. Putra Jaya Press
Degeng, I, N, Sukadana. 2010. Strategi Pembelajaran: Mengoraganisasi isi dengan Model Elaborasi. Malang. Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia. IKIP Malang.
Dick, Walter R. dan Carey, Lou. 2005. The Systematic Design of Instructional Glenview. Illions; Scott, Forestmen and company
Hamalik, Oemar 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kurniadi, Antony 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Baterai Berbahan Dasar Limbah Abu Ampas Tebu Pabrik Gula Pelajaran IPA Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMKN 2 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol 3 No.2 Maret 2015. ISSN:2337-7623. EISSN:2337-7615
Syafiroh, Menis. 2016. Pengembangan Buku Diklat Pembelajaran Mulok Batik Pewarnaan Alam Berbaasis Lingkungan Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Probolinggo. Tesis Megister Pendidikan. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.