KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PINANGSORI

Main Article Content

Roslian Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori. Kemampuan berpikir kreatif siswa sangat penting untuk ditingkatkan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan beraneka ragam. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan metpde eksperimen dimana  populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Pinangsori dengan jumpal peserta didik 217. Kelasnya terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini yang diambil secara cluster random sampling adalah  kelas VIII-C dengan  32 peserta didik. Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan tes.  Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan model PBM diperoleh nilai rata-rata 3,5 berada pada kategori “sangat baik”. Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model PBM diperoleh rata-rata 50 berada pada kategori “kurang”. Kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah menggunakan Model PBM diperoleh nilai rata-rata 77,96 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa untuk pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5% dengan dk = 31. Apabila nilai signifikan dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,000  maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “efektifnya model PBM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori”.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Lubis, “KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PINANGSORI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, p. 89, Jan. 2018.
Section
Artikel

References

Ahmad, Marzuki. 2017. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan. Vol 5, No 3
Alamududdin, Ali & Mumun Munawaroh. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Poko Bahasan Relasi Dan Fungsi. Jurnal EduMa.Vol 3, No 2
Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, No 2
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajajar
Nazir, Moh. 2011. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Pane, Nur Aminah. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas VIII Mts YPKS Padangsidimpuan. Skripsi. Padangsidimpuan
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurkulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.