ANALISIS KESULITAN MAHASISWA IPTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TOEFL

Main Article Content

Lollo Rosa Lubis Aprida Irmayana

Abstract

abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil TOEFL dan menganalisis  skill yang paling sulit dirasakan oleh mahasiswa IPTS semester VIII tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan 40 mahasiswa sebagai sampel dan mereka  diambil dengan menggunakan purposive sampling dari 96 mahasiswa. Selanjutnya tes dagnostik dan wawancara digunakan sebagai alat pengumpil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Listening Coprehension adalah bagian tersulit dirasakan oleh mahasiswa diikuti oleh  Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Selanjutnya di bagian Listening Comprehensioan tergambar bahwa long conversation adalah skill yang tersulit dirasakan oleh mahasiswa kemudian talking dan short conversation. Di bagian Structure and Written Expression tergambar bahwa structure merupakan skill yang paling sulit daripada written expression. Selanjutnya di bagian Reading Conprehension tergambar bahwa mengidentifikasi makna kata- kata sulit merupakan skil yang tersulit dirasakan oleh mahasiswa kemudian mengidentifikasi topik, kalimat penjelas, dan reference merupkan  skill yang paling mudah dirasakan oleh mahasiswa di bagian Reading Comprehension. 

Article Details

How to Cite
[1]
L. Lubis and A. Irmayana, “ANALISIS KESULITAN MAHASISWA IPTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TOEFL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 118, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Creswell, Jhon. 2012, Education Research, fourth edition, Pearson, Boston
Dokumentasi UPT Bahasa Inggris Institut Pendidikan Bahasa Inggris 2018
Heni, Kartikasari. 2014. Analisis Regresi Multivariat Terhadap Penilian Listening, Structure, dan Reading pada Nilai Test EFL Mahasiswa ITS, http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/8111/2020
IELTS. (1999). Band Score. IELTS Handbook.
LAN, O. B. (1996). Language Centre Management Handbook. Jakarta: LAN.
SK Rektor Nomor 050/SK.K/STKIP-TS/I/10/2014