STUDENTS’ UPTAKE IN FOLLOWING UP TEACHER’S ORAL CORRECTIVE FEEDBACK

Main Article Content

Ilma Millati Sahara

Abstract

Studi ini mengeksplorasi berbagai jenis serapan murid dalam merespon umpan balik korektif lisan yang diberikan oleh guru dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) di Sekolah Menengah Pertama Surabaya.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang merangkul karakteristik studi kasus. Data yang diperoleh merupakan hasil analisa dari rekaman video dan observasi selama delapan kali pertemuan guna menangkap jenis umpan balik korektif lisan guru dan serapan murid yang digunakan dalam interaksi di kelas. Temuan pertama mengungkapkan bahwa guru menggunakan lima jenis umpan balik korektif lisan yaitu; perombakan, perbaikan secara eksplisit, meminta klarifikasi, umpan balik metalinguistik dan pengulangan. Akibatnya, para siswa merespon dengan berbagai jenis serapan seperti perbaikan, butuh perbaikan dan juga tidak ada serapan jika siswa tidak merespon apapun. Distribusi serapan murid mengikuti berbagai jenis umpan balik korektif lisan yang diberikan oleh guru. Data  menunjukkan bahwa umpan balik perombakan adalah yang paling banyak diterapkan dalam interaksi dan menghasilkan serapan perbaikan tertinggi yang berupa pengulangan. Fakta bahwa umpan balik yang menuntut murid melakukan perbaikan ternyata sedikit digunakan, itu menyebabkan lemahnya perbaikan mandiri dari murid.  Bagaimanapun, kecenderungan yang dihasilkan itu adalah pilihan guru dalam menerapkan di konteks tertentu sesuai tujuan pembelajaran di kelas.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Sahara, “STUDENTS’ UPTAKE IN FOLLOWING UP TEACHER’S ORAL CORRECTIVE FEEDBACK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 186, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Alsanie et al, (2018). Teachers and Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Writing Task in the Foundation Year at the ELI. Studies in English Language Teaching , 6 (4), 360-377.
Chaudron, C. (1977). A descriptive model of discourse in the corrective treatment of learners' errors. Language learning , 27 (1), 29-46.
Devi, A. (2014). Teacher’s Corrective Feedback on Students’ Spoken Errors in an Efl Classroom. The 61st TEFLIN International Conference (pp. 1127-1130). Solo: UNS.
Ellis, R. (2009). Corrective Feedback and Teacher Development . L2 Journal , 1 (1), 3-18.
Gass, S. M., & Mackey, A. (2000). Stimulated Recall Methodology in Second Language Research Second Language Acquisition Research . Marwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Hyland, K. (2003). Second Language Writing. Cambridge: Cambridge University Press.
Lightbown, P. M., & Spada, N. (1999). How Languages are Learned. Oxford: Oxford University Press.
Long, M. H. (1996). The role of the linguistic environment in second language acquisition. In W. Ritchie, & T. (. Bhatia, Handbook of second language acquisition (pp. 413-468). New York : Academic Press.
Lyster, R. (2007). Learning and Teaching Language through Content: A Counterbalanced Approach. Amsterdam: Benjamins.
Lyster, R. (2001). Negotiation of Form, Recasts, and Explicit Correction in Relation to Error Types and Learner Repair in Immersion Classrooms . Language learning , 51 (s1), 265-301.
Lyster, R. (1998). Negotiation of Form,Recasts,and Explicit Correction in Relation to Error Types and Learner Repair in Immersion Classrooms. Language Learning , 48 (2), 183-218.
Lyster, R. (2013). Roles for Corrective Feedback in Second Language Instruction . In C. Chapelle, The Encyclopedia of Applied Linguistics (pp. 1-6). Hoboken, NJ: Blackwell Publishing .
Lyster, R., & Mori, H. (2006). Interactional Feedback and Instructional Counterbalance. Studies in Second Language Acquisition , 28 (2), 269-300.
Lyster, R., & Ranta, L. (1997). Corrective feedback and learner uptake. Studies in Second Language Acquisition , 19 (1), 37-66.
Mackey, A., Gass, S., & McDonough, K. (2000). How Do Learners Perceive Interactional Feedback? Studies in Second Language Acquisition, 22 (4), 471-497.
Nassaji, H. (2007). Elicitation and Reformulation and Their Relationship With Learner Repair in Dyadic Interaction. Language Learning , 57 (4), 511-548.
Nicholas, H., Lightbown, P. M., & Spada, N. (2001). Recasts as Feedback to Language Learners. Language Learning , 51 (4), 719-758.
Panova, I., & Lytser, R. (2002). Patterns of Corrective Feedback and Uptake in an Adult ESL Classroom. TESOL QUARTERLY , 36 (4), 573-595.
Sato, M., & Lyster, R. (2012). Peer Interaction and Corrective Feedback for Accuracy and Fluency Development. Studies in Second Language , 34 (4), 591-626.
Schegloff, E. A., Jefferson, G., & Sacks, H. (1977). The Preference for Self-correction in the Organization of Repair in Conversation. Language , 53 (2), 361-382.
Suzuki, M. (2018). Corrective Feedback and Learner Uptake in Adult ESL Classrooms . TESOL & Applied Linguistics , 4 (2), 1-21.