KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI ALUR BELAJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Main Article Content

Efrata Gee

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengimpelementasikan alur belajar berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada topik barisan dan deret untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Alur belajar yang diberikan berisikan permasalahan nyata yang menbantu siswa mengikuti proses-proses matematisasi guna membangun pengetahuan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 1 Telukdalam dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan alur belajar berbasis RME. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah sebelum tindakan berada pada kategori sangat kurang mencapai 48,41. Sedangkan setelah tindakan berada pada kategori baik, hal ini ditunjukkan bahwa nilai rata-rata mencapi 74,85. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alur belajar berbasis Realistic Mathematics Education meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Gee, “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI ALUR BELAJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 269, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).
Amelia, Sindi (2012). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kuasi-Eksperimen Pada Salah Satu SMP Negeri Di Pekanbaru). Tesis Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Ayunika, Elisabet. (2011). Pengembangan Hipotesis Trayektori Pembelajaran Untuk Konsep Pecahan. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.
Ciltas, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing learning difficulties related to the equation and inequality that contain terms with absolute value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 461-473.
Chunlian J, Stephen H, Cai J (2014). Chinese and Singaporean sixthgrade students' strategies for solving problems about speed. Educ. Stud. Mathe. 87:27-50. DOI 10. 1007/s 10649-014-9559-x.
Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Gravemeijer & Cobb. 2006. Educational Design Research: Design Research from a Learning Design Perspective (Hal. 45-85). UK: Routledge.
Haryono, Didi. 2014. “Filsafat Matematika”, Penerbit. Alfabeta CV. Bandung.
Kesumawati, Nila. 2009. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisSiswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik”. Didapat dari http://eprints.uny.ac.id/7049/1/.pdf. Internet : Diakses pada 06 Juli 2017.
Lester, F. K. (2013). Thoughts about research on mathematical problem-solving instruction. USA: Indiana University, Bloomington.
McDonald, M., Mathews, D., & Strobel, K. (2000). Understanding sequences: A tale of two objects. In E. Dubinsky, A. Schoenfeld, & J. Kaput, (Eds.), Research in collegiate mathematics education IV (pp. 77-102). Providence, RI: American Mathematical Society.
Murdiyani, Nila Mareta. 2012. Design Research on mathematics Education : Developing A Model to Support Students in Solving Two Digit Numbers Subtraction. Palembang : FKIP Universitas Sriwijaya.
Ningrum, Lilis S. & Sutarni, Sri . 2013. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Tahun 2013, hal 110-117, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 15 mei 2013.
Sarumaha, Yenny Anggraeni. 2012. Design Reseach on Mathematics Eduction: Investigating the Development of Indonesia Fifth Grade Students in Learning Percentages. Palembang : FKIP Universitas Sriwijaya.
Simon, Martin A. 1995. Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Conswtructive Perspective. Journal of Research in Mathematics Education. Vol. 26. No.2. 135-137. Diakses pada tanggal 20 April 2016.
Susanto Ahmad, 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran, Penerbit: Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.
Wardhani S. dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan dan TIMSS. Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Zulkardi & Ilma 2006 Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Proc. KNM 13. Semarang.