PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN TIK BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA PESERTA DIDIK SMAN 2 PROBOLINGGO

Main Article Content

Arum Fitria Suryaman . Yoso Wiyarno

Abstract

Perkembangan dan perubahan peraturan yang terus berubah dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk selalu bisa menyiapkan segala sesuatu yang bisa membuat guru tetap siap menghadapi segala perubahan yang ada, misalnya pada saat dimulainya kurikulum 2013, salah satu perubahan yang sangat dirasakan dan membuat gelisah adalah berubahnya fungsi guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi guru bimbingan TIK. Dalam usaha memberikan pelayanan bimbingan TIK yang maksimal terhadap peserta didik salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu menggunakan sebuah media software yang bisa digunakan untuk proses bimbingan blended learning. Aplikasi Construct 2 merupakan salah satu software game editor berbasis HTML 5. Aplikasi ini digunakan untuk membuat game edukasi, namun dalam hal ini penulis ingin mengembangkan aplikasi Construct 2 untuk membuat sebuah media bimbingan TIK yang berbasis android. Berdasar pada hasil dari pengolahan serta analisis data penelitian yang telah dilaksanakan tentang pengembangan model bimbingan TIK blended learning menggunakan Aplikasi Construct 2 ini diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik SMAN 2 Probolinggo memilih kualifikasi sangat baik sehingga cukup valid produk pengembangan model bimbingan TIK untuk blended learning menggunakan aplikasi Construct 2 ini diperlukan bagi mereka karena dapat memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fitria, S. ., and Y. Wiyarno, “PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN TIK BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA PESERTA DIDIK SMAN 2 PROBOLINGGO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 293, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Rumainur.2016. Pengembangan Media Ajar Berbasis Mulitimedia Autoplay Studio 8 Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA Bilingual Batu Malang.Tesis UIN Malang
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, HB. 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta: UNS Press