PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VII DI SMP NEGERI 4 SURABAYA

Main Article Content

Tina Agustin Meini Sondang Sumbawati Nurmida Catherine Sitompul

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Surabaya adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Lembaga ini mempunyai tujuan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa yang berkarakter tinggi dan berbudaya lingkungan. Berkenaan dengan nilai-nilai penting dari tujuan tersebut, maka diperlukan adanya proses pembelajaran yang baik. Salah satu ciri proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan ajar yang baik dan bermutu serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.Rangkaian pengembangan yang dilakukan oleh penulis dalam mengembangkan bahan ajar seni budaya (seni rupa) adalah 1) menentukan strategi pembelajaran, 2) menentukan model pembelajaran, 3) melakukan pendekatan pembelajaran, 4) menentukan dan mengembangkan bahan ajar, 5) melakukan uji coba pengembangan bahan ajar, 6) merevisi hasil produk pengembangan bahan ajar.Kajian produk menunjukkan bahwa : 1) ahli isi mata pelajaran Seni Budaya (seni rupa) menyetujui materi yang disajikan dalam bahan ajar ini, 2) ahli desain pembelajaran menyetujui proses pembelajaran yang dibuat dalam bahan ajar dan menerima apa yang ditampilkan melalui bahan ajar ini, 3) peserta didik memberikan respon positif atas bahan ajar yan penulis buat.Bahan ajar yang dikembangkan oleh Tina agustin ini dapat digunakan oleh peserta didik di SMP Negeri 4 Surabaya dan peserta didik lainnya yang berminat dalam pembelajaran Seni  Budaya (seni rupa)

Article Details

How to Cite
[1]
T. Agustin, M. Sumbawati, and N. Sitompul, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VII DI SMP NEGERI 4 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 312, Aug. 2019.
Section
Artikel

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.2005
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta, Bumi Aksara.
Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
Bastomi, Suwaji. (1992). Wawasan Seni, Semarang: IKIP Semarang pers.
Bastomi, Suwaji. (1992). Wawasan Seni, Semarang:IKIP Semarang pers.
Budiaji, Irham Priyo. 2017. Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Instrumen Musik Siswa Pada Ekstrakurikuler Band Melalui Metode Cooperative Learning Di Sma Negeri 1 Ngluwar.Jurnal Pendidikan Seni Musik Volume 6, Nomor 8, Tahun 2017
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/musik/article/view/9821. Tanggal akses 15 Mei 2018
Degeng, 2007. Ilmu Pembelajaran Toksonomi Variabel, Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Ibrahim, Muslimin. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.
Kemdiknas. 2008. Sosialisasi KTSP: Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kemdiknas.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya : Kata Pena
Kurniasih, Sani. 2014 “ Strategi-strategi Pembelajaran”. Alfabeta: Bandung:64
Pendidikan Dan Pelatihan Profesi Guru Kouta 2008. ModuL Seni Budaya. Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
Purwanto. Pennen Paulina. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Rasyid, Harun. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Sadiman, Arief S.2006. Media Pendidikan, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penilaian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suryanti, dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press
Sutama,Tjipto.2011. “Inovasi Pendidikan”. Surakarta: Fairuz Media
Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D). Surakarta: Fairuz Media.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif., Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. Basyiruddin-Asnawir. 2002. Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Pers)
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widodo. Chomsin S dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.
Yain, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referens (GP Press Group).