EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA (MONOTIKA) SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

mustika fitri larasati sibuea

Abstract

Media pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) ini dikembangkan menggunakan tahapan penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall yang dipadukan dengan model desain instruksional dari Dick and Carey. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Monotika pada materi operasi hitung aljabar untuk siswa kelas III sekolah dasar dan mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran Monotika. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas III SD Tamansiswa Sukadamai dan SD Tamansiswa Sidodadi. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa lembar wawancara, angket analisis kebutuhan siswa maupun guru, lembar validasi media dan materi, dan lembar evaluasi dengan teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan perhitungan uji efektifitas pada kedua media pembelajaran, diperoleh hasil bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Monotika lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan media pada pembelajaran biasa (86,40% > 67,83%) sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Monotika lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika pada kelas III SD dibandingkan dengan menggunakan media pada pembelajaran biasa

Article Details

How to Cite
[1]
mustika sibuea, “EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA (MONOTIKA) SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 41, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Arsyad, M. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. 2003. P.(1996). Educational Research, an Introduction. Sixth edition, Longman. Ney York.
Hidayati, A. U. (2017). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143-156.
Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101-106.
Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Pho, A., & Dinscore, A. 2015. Game-based learning. Tips and Trends. Thorndike, E. 2017. Animal intelligence: Experimental studies. Routledge.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.
Rafiuddin, R., Basri, M., & Azis, M. (2017, May). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR WILAYAH II KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR PROVINSI SULAWESI SELATAN. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 147-157).
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan, edisi kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar.
Susanto, Ahmad. (2013). TeoriBelajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai
aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Van de Walle, A., & Ceder, G. (2002). Automating first-principles phase diagram calculations. Journal of Phase Equilibria, 23(4), 348.