RELEVANSI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY DAN LATAR BELAKANG PEMBENTUKAN ASEAN

Main Article Content

Surya Wahyu Nugroho

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) menjadi salah satu sarana bagi para negara anggota ASEAN untuk ikut berpartisipasi dalam persaingan di tingkat global. ASEAN, seperti halnya Uni Eropa, memiliki semangat yang sama untuk memajukan tujuan dan mewujudkan cita-cita yang diharapkan ketika pembentukannya digagas. Pasca implementasi MEA dengan semua pencapaian yang menyertainya, ASEAN perlu meninjau lagi latar belakang lahirnya ASEAN dan apa saja yang telah berhasil diwujudkan sejauh ini. Hal ini penting untuk menilik kembali relevansi antara MEA dengan latar belakang pembentukan ASEAN dan apakah ASEAN masih menjadi agenda yang penting untuk dibahas dewasa ini. Penelitian ini dilakukan dengan dua pendekatan (peraturan perundang-undangan dan konseptual). Kesimpulan yang diperoleh yaitu MEA masih menjadi hal yang relevan apabila dikaitkan dengan lahirnya ASEAN di masa sebelumnya karena ASEAN lahir atas dasar semangat dan tujuan yang sama untuk memajukan negara-negara anggota. Demikian halnya dengan MEA yang digagas untuk mencegah krisis ekonomi berkepanjangan yang dapat merugikan ASEAN secara keseluruhan.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Nugroho, “RELEVANSI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY DAN LATAR BELAKANG PEMBENTUKAN ASEAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 144, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

BPPK Kemenlu RI. AEC Blueprint: Tindaklanjut dan Kesiapan Indonesia Menuju Implementasi AEC 2015. Jakarta: Sekretariat BPPK Kemenlu-RI. 2008.
Severino Jr., Rodolfo C. ASEAN Rises To The Challenge.Jakarta: The Asean Secretariat.1999.
Syah,Djalinus.Mengenal ASEAN dan Negara-Negara Anggotanya.Jakarta: Kreasi Jaya Utama. 1988.
Syukriah, Ana dan Imam Hamdani.Peningkatan Eksistensi UMKM Melalui Comparative Advantage dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 di Temanggung. Jurnal, ISSN 2252-6889, UNNES, Semarang, 2013.
Winantyo, R. et. al. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015: Memperkuat Sinergi ASEAN di Tengah Kompetisi Global. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2008.
Tanpa nama. http://library.upnvj.ac.id/pdf/2s1hi/206613002/bab2.pdf. ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Tanpa tahun.