PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI 200101 PADANGSIDIMPUAN T.A 2017/2018

Main Article Content

Desnawati .

Abstract

Berdasarkan hasiltes yang dilakukanoleh peneliti bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah penelitian ini apakah dengan penggunaan metode demonstari dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri 200101 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran  Matematika melalui metodedemonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini siswa kelas I sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase hasilbelajar  siswa siklus I sebesar 67.25%, meningkat pada siklus II menjadi 81.25% dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat pada siklus II sebesar 85%. Jadi, pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode Pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru dapat menggunakan metodeDemonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika.

Article Details

How to Cite
[1]
D. ., “PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI 200101 PADANGSIDIMPUAN T.A 2017/2018”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 227, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Surya, H.M. (2008). Kapita Selekta Kependidikan SD, Jakarta: UniversitasTerbuka.
Taufiq, Agus., Miharsa, Hera L., Prianto, Puji L., (2008). Pendidikan AnakDi SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Anitah, Sri., (2008). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahyudin, Dinn., (2009). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumantri, Mulyani., Syaodih, Nana., (2009). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso., dkk. (2008). Pendidikan Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot., (2009). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: UniversitasTerbuka.
Wardani, I.G.A.K., (2009). Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Bina Karya Guru., (2005). Terampil Berhitung Matematika, Jakarta:Erlangga.
Khafid, M., Suyati., (2004). Pelajaran Matematika Untuk SD, Jakarta: Erlangga