PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PEMBELARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Emma Rasinta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII denganjumlah 20 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklusterdiri dari satu kali pertemuan.


Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 65% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 90% dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan Kreatifitashasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Rasinta, “PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PEMBELARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 223, Oct. 2019.
Section
Artikel

References

Arends, R.I., (2008), Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, Penerbit Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu SMP/MTs. Onlinewww.puskur.net.
Desfitri, Rita, dkk. 2008. “Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 MTsN Model Padang Melalui Pendekatan Kontekstual”. Laporan Pengembangan Inovasi Pembelajaran di Sekolah (PIPS). Padang: Universitas Bung Hatta.
Edistria, E. (2012). Pengaruh Penerapan Hypoteaching Dalam Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Tesis SPs. UPI. Tidak diterbitkan.
Fathur Rohim, dkk (2010). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/775 (diakses 6 Agustus 2017)
Hadi, Susilo dkk. 2008. Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial.Salatiga: Widya Sari
Press
Hariant. (2007) .kajian kebijakan kurikulum IPS SD. Jakarta: Depdiknas
Hidayati, Dkk.2008. Pengembangan Pendidikan SD. Jakarta: Depdiknas

Hosnan, M. 2014. PendekatanSaintifikdanKontekstualdalamPembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.
Kartono (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/6901 (diakses 6 Agustus 2017)
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan., (2013), Gambaran Struktur Matrei Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Medan.
Lapono, Nabisi, dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Depdiknas
Munandar, S.C.U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: PT. Gramedia.
Rezeki, D.P. (2012). Analisis Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang diberi Pembelajaran Open-Ended dengan Pembelajaran Konvensional. Medan: Tesis PPs UNIMED. Tidak diterbitkan.
Ruseffendi. 2006. PengantarKepadaMembantu Guru MengembangkanKompetensinyadalamPengajaranMatematika. Bandung: Tarsito.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suherman, Ermandkk. 2001. StrategiPembelajaranMatematikaKontemporer. Bandung: Jica.