EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN MICROTEACHING DENGAN SIKLUS PENETAPAN, PELAKSANAAN, EVALUASI, PENGENDALIAN DAN PENINGKATAN (PPEPP) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR CALON GURU INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPL NPM 2015 tahun ajaran 2018/2019, sedangkan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 103 orang. Sistem pengelolaan microteaching memerlukan persiapan secara berkesinambungan dan sistematis. Adapun sistem pengelolaan yang akan dikembangkan mengadopsi konsep penjaminan mutu di Perguruan Tinggi dengan menggunakan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP). Penggunaan siklus ini bertujuan membantu memonitoring dan mengevaluasi untuk meyakinkan apakah sistem pengelolaan microteaching yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar calon guru di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penggunaan siklus ini dapat digunakan untuk pembuatan keputusan selanjutnya dalam perencanaan dan pelaksanaan sistem pengelolaan microteaching di masa mendatang. Aktivitas tersebut terus menerus dilakukan, sehingga merupakan suatu proses peningkatan mutu microteaching secara berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, development, Implemantation, Evaluation). Hasil analisa data menunjukkan bahwa sistem pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Article Details
References
Amobi, F., Irwan, L, 2009, Implementing on-campus microteaching to elicit preservice teachers’ reflection on teaching actions: Fresh perspective on an established practice, Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 9, No. 1, January 2009, pp. 27 - 34.
Cahyono, R., Akhyar, M., 2017, Evaluasi Pelaksanaan Microteaching dengan Menggunakan Model CIPP pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta, JIPTEK, Vol.X. No. 2 Juli 2017, https://jurnal.uns.ac.id/jptk.
Djamarah, S., 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.
Halder, 2015, APPLICATION OF MICRO TEACHING SKILL FOR IMPROVING THE QUALITY OF TEACHERS: EXPLORING OPINION OF TRAINEE TEACHERS, i-manager’s Journal of Educational Technology, Vol. 12 lNo. 1 lApril - June 2015, https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1098604.pdf.
Jardi, A., N. 2013, Evaluasi Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa Prodi Ekonomi Reguler B FKIP UNTAN Pontianak, Jurnal Pendidikan dan pembelajaran (JPP), Vol. 2 No. 3.
Khuriyah, 2017, Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Volume 2, No. 2, ISSN: 2527-8231.Mahasiswa S1 Program Studi pendidikan Biologi FMIPA Universitas negeri Medan, Jurnal Pelita pendidikan, Vol. 4 No. 3, ISSN: 2338-3003.
Rahmawati, L., Suriani, C., 2016, Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Mata Kuliah Microteaching Terhadap Pelaksnaan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Sa’ad, T., Sabo, S., 2015, The Impact of Micro-Teaching on the Teaching Practice Performance of Undergraduate Agricultural Education Students in College of Education, Azare, Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.6, No.26, 2015.