PENGEMBANGAN TUTORIAL PENGASUHAN ANAK DENGAN AUTISME BERBASIS ANDROID MELALUI ADDIE

Main Article Content

Hero Mega Surya Rufi’i . Ach Moor Fatirul

Abstract

Tutorial yang inovatif bagi orang tua yang memiliki anak dengan autisme penting tersedia untuk menunjang pemahaman orang tua dalam mengasuh anak dengan autisme. Selama ini orang mengalami kesulitan dalam mendapatkan aplikasi yang mudah dari android tentang pengasuhan anak dengan autisme.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dapat dipelajari baik di rumah maupun di tempat kerja. Pengembangan produk Tutorial Pengasuhan Anak dengan Autisme  Berbasis Android melalui ADDIE ini penyempurnaannya berdasarkan analisis data ujicoba. Aspek yang diungkap untuk melakukan revisi meliputi: (1) Ketepatan isi materi dari ahli isi, (2) Ketepatan rancangan tutorial dari ahli rancangan, (3) Ketepatan media dari ahli media, serta (4) Hasil uji coba sasaran yang terdiri dari uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta uji coba kelompok besar. Hasil penelitian setelah melalui uji dari ahli isi, ahli rancangan, ahli media, dan uji sasaran didapatkan hasil Pengembangan  Tutorial Anak dengan Autisme Berbasis Android melalui ADDIE ini layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman orang tua yang memiliki anak dengan autisme, berdasarkan hasil uji dari ahli isi, ahli rancangan, dan ahli media. Kemampuan orang tua memahami anak dengan autisme lebih baik jika menggunakan tutorial autisme berbasis android, terbukti orang tua sungguh-sungguh mempelajari karena tertarik dengan tutorial yang dikembangkan ini, yang meliputi pengertian autisme, gejala dan ciri-ciri autisme, faktor pemicu autisme, dan pentingnya peran orang tua. Respon orang tua sangat positif  terhadap tutorial autisme berbasis android yang dikembangkan ini, baik pada uji perorangan, uji kelompok kecil, maupun uji kelompok besar.Kesimpulannya, Tutorial Pengasuhan Anak dengan Autisme Berbasis Android melalui ADDIE layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam mengasuh anak dengan autisme. Guru pendamping ABK dapat memanfaatkan tutorial ini, sebagai informasi dalam kegiatan pembelajaran bagi anak dengan autisme.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Surya, R. ., and A. Fatirul, “PENGEMBANGAN TUTORIAL PENGASUHAN ANAK DENGAN AUTISME BERBASIS ANDROID MELALUI ADDIE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 239, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Ainin, Moh. 2013.Penelitian PengembanganDalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Okara. Vol. II, Tahun 8, November 2013
Arikunto, S 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka CiptaArsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arista , Fitra Suci. 2018. Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction January 2018 ● Vol.11, No.1 e-ISSN: 1308-1470 ● www.e-iji.net p-ISSN: 1694-609X
Branch, Robert Maribe. 2014.Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Daulay, Nurussakinah 2017. Struktur Otak dan Keberfungsiannya pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme. Kajian Neuropsikologi Buletin Psikologi ISSN 0854-7106 (Print) 2017, Vol. 25, No. 1, 11 – 25
Delkisyarangga, Bramantio. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Komponen Elektronika Daya (Elda) di SMK. Yogyakarta. Universitas Negeeri Yogyakarta.
Dewi, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Analize, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 3 Tahun 2013)
Dewi, Des Maninda Chornelya. 2014. Identifikasi Kemampuan Berbahasa Anak dengan autisme di Sekolah Inklusif SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Elisa. 2013. Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Vol. 2, No. 01, Februari 2013
Ezmar. 2014. Bahasa Anak dengan autisme pada SLB Cinta Mandiri Lhoksumawe. Jurnal Metamorfosa Volume II Nomor 2 Juli–Desember 2014. ISSN 2338-0306
Fikri, Imaduddin Al. 2016. Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak dengan Menggunakan Platform Wikitude untuk Studi Kasus Lingkungan ITS . Jurnal Teknik ITS Vol. 5, No. 1, (2016) ISSN: 2337-3539
Freelearningji. 2013. Uji t Dua Sampel. https://freelearningji.wordpress.com/ 2013/04/06/uji-t-dua-sampel/
Irwanto. 2017. Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Kimia SMA. Holistik Journal For Islamic Social Sciences, Agustus 2017. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Jengathe, 1Ganesh. Dinesh V. Rojatkar. 2015. Research Publish Journals Use of Android in Education System. International Journal of Electrical and Electronics Research ISSN 2348-6988 (online) Vol. 3, Issue 4, pp: (133-137), Month: October - December 2015, Available at: www.researchpublish.com Page | 133
Jumarlis, Mila. 2018. Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality. Ilkom Makassar: ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 10 Nomor 1, April 2018. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.
Kaustubh A, Joshi. Kasar Yogita H. Mahajan Mayuri V. Nikam Pooja G. 2017. Android Based E-Learning Application “Class-E. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), Volume: 04 Issue: 03 | Mar -2017. e-ISSN: 2395 -0056, p-ISSN: 2395-0072, www.irjet.net Page1745
Kusuma, Gregorius Hendita Artha. 2012. Identifikasi Penyakit Autisme Anak Berbasis Web. Jurnal TICOM Vol.1 No.1 September 2012 ISSN 2302 ‐ 3252 29
Melo, Xheni and Alba Çomo. 2016. Mobile Leaning A Case Study in Physical Chemistry Laboratory. European Journal of Education Studies ISSN: 2501 - 1111 (on-line) ISSN-L: 2501 - 1111 (print) Available on-line at: www.oapub.org/edu Copyright © The Author(s). All Rights Reserved 49 Published by Open Access Publishing Group ©2015. 10.5281/zenodo.55078 Volume 1│Issue 3│2016
Merianto, Randi Wahyu . 2016. Peran Orang Tua dalam Menangahi Anak dengan autisme (Studi Kasus 4 Keluarga Anak dengan autisme di Kota Pekanbaru)
Mujiyanti, 2011. Tingkat Pengetahuan Ibu dan Pola Konsumsi pada Anak dengan autisme di Kota Bogor. Bogor: Institut Pertanian Bogor
Murtiwiyati. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesiau untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 12 Nomor : 2, Desember 2013 ISSN : 1412-9434
Muyaroah, Siti. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal UNES Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (2) (2017). Semarang:UNES.
Purbasari, Rahmi Julia. 2013. Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X . Jurnal Universitas Negeri Malang. Malang: Univesitas Negeri Malang
Saefi, Muhammad. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Sel Kelas X. Malang. Universitas Negeri Malang
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Keuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyono, Heru. 014. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika Vol 8 No 2
Suteja, Jaja. 2013. Bentuk dan Model terapi Terhadaap Anak-Anak Penyandang Autisme. Jurnal Scientiae Educatia. Volume 2 Edisi 1
Trisiana, Anita. 2016 Desain Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, Vol. 11 No. 1 Juni 2016 3
Yuliawati, Lilik. 2018. Pemanfaatan Mobile Assisted Language Learning (MALL) Melalui Aplikasi Berbasis Android dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Mandiri. Prosiding. Seminar Nasional Kaluni Volume 1-2018 Gedung Guru DKI Jakarta 21 April 2018. Jakarta: Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI