ANALISIS TENTANG PENGUTIPAN SKRIPSI MAHASISWA SEBAGAI ANTISIPASI PLAGIARISME DI STKIP NIAS SELATAN

Main Article Content

Agustinus Duha Bimerdin Daely

Abstract

Seorang mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akademiknya, akan dihadapkan pada tugas akhir yang harus diselesaikannya yaitu menulis karya ilmiah (skripsi). Sehubungan dengan kegiatan menulis di atas maka mahasiswa dituntut untuk dapat menuangkan ide-idenya secara logis dan rasional. Dalam merangkai ide yang ilmiah maka harus mampu menggunakan bahasa sebagai medianya untuk mengaktualisasikan gagasannya tersebut. Ketika seorang mahasiswa tidak memiliki kemampuan pada aspek di atas maka akan muncul ide untuk mencari referen dari mana saja yang penting ada sehingga tidak terhindarkan dari tindakan menyimpang dalam mengutip pendapat orang lain dan menjadikanya sebagai pendapatnya atau melakukan tindakan plagiarisme.Setelah dilakukan analisis, permasalahan yang terdapat pada skripsi yang dijadikan sampel penelitian kurang lebih sama. Yang membedakannya adalah persentasenya. Misalnya skripsi a.n. Derisman Bawamenewi dengan Similarity Found: 33%, skripsi Eldison dengan Similarity Found: 25%, skripsi Ernimawati Gulo dengan Similarity Found: 21%, skripsi Etika Halawa Similarity Found: 54%, skripsi Gakhimi Wau Similarity Found: 27%, skripsi Intan H. Laia Similarity Found: 23%, skripsi Nur Kaidah Dachi Similarity Found: 30%, skripsi Reminis Cere Hia Similarity Found: 43%, skripsi Salua B. Gowasa Similarity Found: 20%, skripsi Report Suci Hati Buulolo Similarity Found: 21%, Sinjo Bu’ulolo Bab I-III Similarity Found: 60% dan Bab 4-5 Similarity Found: 11%, Wenihati Gaurifa Similarity Found Bab I: 7%, Bab II: 80%, Bab III: 14%, Bab IV: 7%, Bab V: 4%, Yustina Novewati Bu’ulolo Bab I-III Similarity Found: 56% dan Bab 4-5 Similarity Found: 14%.Hendaknya mahasiswa secara aktif dan mandiri dalam mengembangkan wawasan, ide yang logis, dan pengetahuan serta berkontribusi positif melalui sumbangsih pemikiran dalam dunia pendidikan, sehingga tidak tergantung pada skripsi yang sudah dibuat sebelumnya; Hendaknya dalam penulisan skripsi mahasiswa memahami bagaimana merujuk dan mengutip sesuai dengan Panduan Penulisan Skripsi (PPS) yang dimiliki oleh STKIP Nias Selatan; Penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar atau pedoman penelitian yang hasilnya dapat disempurnakan maupun dikembangkan sesuai dengan dinamisasi perubahan paradigma pendidikan di Indonesia.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Duha and B. Daely, “ANALISIS TENTANG PENGUTIPAN SKRIPSI MAHASISWA SEBAGAI ANTISIPASI PLAGIARISME DI STKIP NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 252, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Ariani, Rachmatul Candra. 2011. Opini Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Terhadap Plagiarisme. (Online) Jurnal Sosial dan Politik. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/JURNALCANDRA.docx. Diakses pada 30 April 2016.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka Cipta.
Atmazaki. 2009. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.
Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dalman, H. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Djuharie, O. Setiawan. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Yrama Widya.
Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. 2005. Teknik Menulis Karangan Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Gani, Erizal. 2011. Menulis Karya Ilmiah: Teori dan Terapan. Padang: UNP Press.
Hs. Widjono. 2012. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santoso, Urip. 2014. Kiat Menulis Artikel Ilmiah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soelistryo, Henry. 2011. Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Kanisius.Yogyakarta.
Surakhmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian llmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Tim Peneliti FIP. 2012. Identifikasi Perilaku Plagiat pada Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY. ArtikelPenelitian. (Online):http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.BudiAstuti,M.Si./ 6identifikasi bentuk plagiat pada skripsi mahasiswa.pdf. Diaksses pada 30 April 2016.