UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA 1 MELALUI METODE DRILL DI SMA NEGERI 2 GUNUNGSITOLI

Main Article Content

Etanius Zebua

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa di kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Gunungsitoli dalam hasil belajar Matematika. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi statistika  dengan menggunakan metode drill. Subyek pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Gunungsitoli , dengan jumlah murid 32 orang. Pada prosedur penelitian tindakan kelas terdapat tahapan siklus untuk melihat hasil belajar matematika   siswa sesuai dengan judul yang diangkat peneliti, tahap-tahap tersebut adalah: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik simpulan bahwa; (1) hasil belajar matematika siswa kelas  XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Gunungsitoli materi statistika dapat meningkat dengan menggunakan metode drill. Meningkatnya pengetahuan statistika tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar  siswa pada saat mengerjakan soal- soal berkaitan dengan statistika. dan (2) metode drill dapat meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal- soal statistika. Hal lain juga terlihat pada angka peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73 meningkat pada siklus II menjadi 80.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Zebua, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA 1 MELALUI METODE DRILL DI SMA NEGERI 2 GUNUNGSITOLI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 278, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Kemendikbud. 2018. Matematika SMA/SMK/MA. Jakarta : Rineka Cipta
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Shalahuddin. 1987. Metode Pembelajaran. Surabaya: Bina Ilmu
Sudjana. Nana. 2009. Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zuhairini. 2009. Metodologi Pembelajaran. Surakarta: Bumi Aksara.