PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK MATEMATIKA SISWA SMP

Main Article Content

Lily Rohanita Hasibuan Rohani .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pembelajaran problem posing berkelompok, 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir abstrak peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 3) menganalisis guna menentukan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir abstrak  lebih tinggi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan postestest only control group design., penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran problem posing berkelompok dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupatan Labuhanbatu yang terdiri dari Sembilan kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 288 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran problem posing berkelompok berada pada kategori sedang skor rata-rata 39,22, (2) kemampuan berpikir abstrak peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang skor rata-rata 28,59, (3) kemampuan berpikir abstrak peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan dengan pembelajaran problem posing berkelompok lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Hasibuan and R. ., “PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERKELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK MATEMATIKA SISWA SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 284, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Ana Ari. W. S. & Abdul Haris Rosyidi. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal Jurusan Matematika, FMIPA, Unesa.
Auliyah Warsyidah. A, Tawil.M, Arsyad. M (2016). Pengaruh Pendekatan Induktif Terhadap Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (Online), Jilid 12 No. 12.
Depdiknas. (1996). Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 1996 Tentang Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SD dan Madrasyah Ibtidayah (MI). Jakarta: Depdiknas.
Juraida & S.M. Abdul & Darwin (2015) Pendekatan Supervisi Dan Kemampuan Berpikir
Abstrak Terhadap Pengetahuan Menyusun Proposal Ptk Pada Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia. Vol.7. No.2.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra Anak. Cakrawala Pendidikan, Th.XXIV, No 2.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Wilis, P. J., 2012. Pentingnya Kemampuan Berpikir Abstrak dalam Belajar.(http://www.suarakumandang.co m/2012/07/10/pentingnyakemampuan- berfikir-abstrak-dalam-belajar.php, Diakses20 januari 2018).
Yuniyanti, E.D., Sunarno, W. & Haryono. 2012. Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E-Learning ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal (Online), Vol 1, No 2.