PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 FANAYAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

ANTONIUS SARUMAHA

Abstract

ABSTRAK


Kemampuan Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan untuk memperoleh makna atau arti sesuatu dari ide-ide abstrak yang dapat digunakan seseorang untuk menuliskan suatu konsep, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep dan dapat mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang membantu siswa untuk lebih mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsepnya adalah melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual  terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Populasi dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian sebanyak 60 orang siswa, terdiri dari kelas IX-A berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep yang telah memenuhi unsur kevalidan dan reliabel. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan kondisi awal kemampuan pemahaman konsep (Pretest) siswa seimbang. Rata-rata hasil  Pretest pada kelas eksperimen 61,25 dan kelas kontrol 60,17 sedangkan Rata-rata hasil Posttest pada kelas eksperimen 74,20 dan kelas kontrol 67,25. Pada pengujian  hipotesis diperoleh thitung= 7,661 dan ttabel = 1,671 pada signifikan 0,05. Karena thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang mengatakan ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pembelajaran konvensional. Oleh karena itu hendaknya model pembelajaran kontekstual dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kesebangunan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. SARUMAHA, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 FANAYAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 1, p. 73, Feb. 2018.
Section
Artikel