MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 TUHEMBERUA

Main Article Content

Yulisman Zega

Abstract

Salah satu inovasi model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memfasilisasi kegiatan pembelajaran yang menggunakan internet adalah model blended learning. Model Blended learning adalah integrasi dari pembelajaran tradisional (tatap muka) dengan metode pembelajaran jaringan. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran simulasi digital melalui penerapan model blended learning di SMK Negeri 1 Tuhemberua, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital melalui penerapan model blended learning di SMK Negeri 1 Tuhemberua. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tuhemberua. Sekolah ini terletak di Desa Botolakha Kecamatan Tuhemberua. Penelitian ini mengambil subjek kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tuhemberua, semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dan disesuaikan dengan jadwal di sekolah. Hasil penelitian adalah: 1) Pada siklus pertama diperoleh rata-rata hitung hasil belajar 76,33 dan termasuk kategori cukup, siklus dua pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung hasil belajar 88,27  dan termasuk pada kategori baik sekali, dengan persentase ketuntasan 100% dan ketidaktuntasan 0%, sehingga ketuntasan belajar mencapai target 75%, 2) Berdasarkan pengujian hipotesis deskriptif dengan menggunakan statistik parametris didapat thitung = 38,26 dengan ttabel = 1,684 untuk n = 31 sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model Blended Learning dalam Pembelajaran Simulasi digital SMK Negeri 1 Tuhemberua” meningkat dan dapat diterima.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Zega, “MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 TUHEMBERUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 310, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Arsyad, Azhar, 2000, Media Pengajaran, Grafindo Persada, Jakarta.
Aziz, A., dan Basry, 2017, Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa SMPN 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15–29.
Chen, C, dan Liang. T. 2011, The Design and Implementation of a Blended Knowledge Management Course in Higher Education. Procedia Engineering. Vol. 2011. No. 15, Hal. 4152–4156.
Fatwa, A., dan Djuniadi. 2016, Strategi Blended learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat Mata Pelajaran Matematika. Electronic Journal Politeknik Harapan Bersama Tegal. Vol. 1, No. 1, Hal. 103–108.
Hamalik, Oemar, 2001, Metode Belajar dan Hasil Belajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Lestari dan Yudhanegara. 2015, Penelitian pendidikan matematika: panduan praktis menyusun skripsi, tesis, dan laporan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan kombinasi disertai dengan model pembelajaran dan kemampuan matematis. Bandung: PT Refika Aditama.
Majid, N. A. 2011, The Use of Information Technology in Teaching English: An Attempt To Develop Student-Centered Learning At Telkom Polytechnic. Prosiding Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom (KNIP).
Manning, S., dan Johnson, K. E. 2011, The Technology Toolbelt for Teaching. San Fracisco: Jossey-Bass.
Mayasari, F., Santoso, S., & Octoria, D. 2016, Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Penerapan Blended Learning Berbantuan Quipper School. Jurnal Tata Arta UNS. Vol. 2, No. 3, Hal. 148–161.
Poon, J. 2013, Blended Learning: An Institutional Approach for Enhancing Students' Learning Experiences. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching. Vol. 9, No. 2, Hal. 271–289.
Purnamasari, Y. 2012, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1, No.1, Hal. 1-11.
Pribadi, Benny A., 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran, Dian Rakyat, Jakarta.
Rosmiati., Jatmiko, B., dan Madlazim. 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Model Cooperative untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika SMA Kelas XI. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 3, No. 1, Hal. 294–298.
Sari, A. R. 2013, Strategi blended Learning untuk Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 1, No. 2, Hal. 32–43.
Sujoko. 2013, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1. No. 1, Hal. 71–77.
Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Syah, Muhibin, 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Zain, F. M. dkk. 2016, A Study of Students’ Interaction in Edmodo Social Learning Platform. Envisioning the Future of Online Learning Selected Papers from The International Conference on E-Learning 2015. Singapura: Springer Science Business Media.