PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS TEKNIK SHARING OF EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK PERGURUAN RAKYAT PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Hotmaida .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi guru-guru SMK Perguruan Rakyat Padangsidimpuan dalam pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi klinis teknik sharing of experience. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan supervisi klinis teknik sharing of experience mampu meningkatkan keterampilan komunikasi guru dalam pembelajaran di SMK Perguruan Rakyat Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian, dimana pada siklus I, keterampilan komunikasi guru dalam pembelajaran memperoleh persentase skor 63,3%, sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan signifikan, dimana keterampilan komunikasi guru dalam pembelajaran memperoleh persentase skor 88,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis teknik sharing of experience  yang dilaksanakan pengawas sekolah mampu memperbaiki keterampilan mengajar dan potensi kualitas komunikasi guru dalam pembelajaran di SMK Perguruan Rakyat Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
H. ., “PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS TEKNIK SHARING OF EXPERIENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK PERGURUAN RAKYAT PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 4, p. 354, Nov. 2019.
Section
Artikel

References

Ahmad Rohani. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Husaini Usman. 2012. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Kadim Masaong. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta
Miles dan Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Piet Sahertian. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Syaiful Sagala. 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suparno. 1998. Dimensi-Dimensi Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Wijaya dan Rusyam. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam PBM. Bandung: Remaja Rosdakarya