PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS XI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

Walsyukurniat Zendrato

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Telukdalam dengan judulPenerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Materi Keberagaman Budaya Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas XI SMK Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri atas 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar pengamatan, wawancara dan tes penilaian hasil belajar siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Quantum Teaching diterapkan dapat meningkat. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran, dapat memahami konsep materi dengan baik, daya analisis siswa terhadap IPS meningkat, lebih kritis dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar karena siswa  lebih terlibat aktif dalam pembelajaran, dapat memahami konsep materi dengan baik, daya analisis siswa terhadap IPS meningkat, lebih kritis dalam menyelesaikan masalah. Saran ditawarkan kepada guru hendakanya menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS. Demikian pula bagi peneliti selanjutnya agar menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi, saat mengadakan penelitian dimasa yang akan datang.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS XI SMK NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 5, p. 98, Mar. 2018.
Section
Artikel