PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI TERHADAP HASIL BERLAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018

Main Article Content

Iwan Ridwan Yusup Nahla Navilah Nazma Kamilatul Nurhidayah Nicky Rhaina Risti

Abstract

Organisasi kemahasiswaan dianggap menjadi pilihan yang penting untuk menjadi sarana mengembangkan penalaran, keilmuan, minat, serta adanya motivasi mahasiswa untuk bisa aktif baik di dalam maupun di luar universitas yang bertujuan untuk memperluas wawasan, ilmu dan pengetahuan lain diluar perkuliahan yang dapat membentuk kepribadian mahasiswa. Namun disamping itu organisasi juga dapat menjadi salah satu objek yang menjauhkan mahasiswa dari hakikat awalnya yaitu belajar hingga berdampak pada hasil belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas berorganisasi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 terhadap hasil belajarnya. Data penelitian ini didapatkan dari internal objek penelitian dan bersifat kuantitatif dan deskriptif. Dimana hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa aktivitas berorganisasi berpengaruh pada hasil belajar, dilihat dari nilai IPK yang menjadi acuan utama hasil belajar itu sendiri

Article Details

How to Cite
[1]
I. Yusup, N. Navilah, N. Nurhidayah, and N. Risti, “PENGARUH AKTIVITAS BERORGANISASI TERHADAP HASIL BERLAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 32, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya : Bandung.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara : Jakarta.
Handoko Cahyandaru. 2003. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II. UNY : Yogyakarta.
Jaeng, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas VII A SMP Negeri 5 Sigi. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 5(2) : 112-125.
Kharisma Febry Andika , Basori , dan Agus Efendi. 2018. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Educti. Vol 4(2) : 1-11. p-ISSN 2407-4489 e-ISSN 2528-7303.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya : Bandung.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Kencana : Jakarta.
Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta : Jakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. ALFABETA : Bandung.
Sumadi Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada : Jakarta.