PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DAN OBAT TRADISIONAL INDONESIA UNTUK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT HIPERTENSI DI DESA SALAM BUE

Main Article Content

Yulia Vera Susi Yanti

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat mengenai pemanfaatan tanaman obat dan obat trasdisional untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit hipertensi telah dilakukan di desa Salam Bue. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk untuk memberikan edukasi tentang manfaat tanaman obat keluarga (TOGA) untuk pertolongan pertama gangguan kesehatan ringan dan memberikan edukasi tentang obat tradisional yang berpotensi untuk mengobati dan mencegah penyakit hipertensi. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah menggunakan metode presentasi dan menunjukkan secara langsung sample tumbuhan yang berpotensi untuk mengobati dan mencegah penyakit hipertensi.. Kesimpulan yang dapat diambil  setelah kegiatan penyuluhan ini adalah bertambahnya pengetahuan  dan keterampilan peserta khususnya orang tua tentang manfaat tumbuhan obat, maca-macam tumbuhan obat beserta fungsinya terhadap berbagai penyakit, defenisi penyakit hipertensi, factor-faktor penyebab hipertensi dan cara pencegahan/ penanggulangan penyakit hipertensi. Selain itu, peserta mampu menerapkan pemeliharaan tanaman TOGA keluarga dan mengkonsumsi tanaman obat dalam mengatasi penyakit-penyakit seperti hipertensi. Saran yang dapat di berikan agar masyarakat khususnya orang tua dengan usia diatas 40 tahun lebih cerdas dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam TOGA dan memanfaatkan tumbuhan sekitar yang berpotensi sebagai obat.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Vera and S. Yanti, “PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DAN OBAT TRADISIONAL INDONESIA UNTUK PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT HIPERTENSI DI DESA SALAM BUE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 11, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Aditama TY. (2014). Jamu dan Kesehatan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Azizah, L.M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Paramita, Swandari dkk. 2017. Pola Penggunaan Obat Bahan Alam Sebagai Terapi KOmplementer Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas. Jurnal Sains dan Kesehatan Vol 1 (7) : 367-376.
Paulus, H. 2012. Herbal Indonesia Berkhasiat. Vol 10. Depok. Trubus Swadaya
Susanto, A. (2017). Komunikasi Dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kecamatan Margadana. Jurnal Para Pemikir, 6(1).
Syaifuddin, Muh. 2013. Penggunaan Tanaman Herbal Pada Lansia Penderita Hipertensi di Kecamatan Gatak Kabuoaten Sukoharjo. Naskah Publikasi. Universitas MuhammadiyahSurakarta.(https://www.google.com/search?client=firefox-b d&q=obat+tradisional+untuk+hipertensi+pdf)
Wijayakusuma, H. M. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Sembuhkan Penyakit. Pustaka Bunda. Jakarta.