PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTELLIGENCE MAPPING PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

Jafar Shodiq Rendy Rinaldy Saputra Hazlin Kuswara

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD N Hujung. penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi Intelligence Mapping Presentation pada siswa kelas V SD N Hujung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan hipotesis Penerapan strategi Intelligence Mapping Presenetation mampu meningkatkan partisipasi belajar pada siswa kelas V SD N Hujung. Berdasarkan pengamatan serta analisis data, maka dapat disimpulkan beberapa hal yang diantaranya : 1) Penerapan strategi Intelligence Mapping Presenetation mampu meningkatkan partisipasi belajar pada siswa kelas V SD N Hujung, dan 2) Terjadi peningkatan partisipasi belajar siswa yang tinggi dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 34%.


 


Kata Kunci : partisipasi belajar, Intelligence Mapping Presenetation

Article Details

How to Cite
[1]
J. Shodiq, R. Saputra, and H. Kuswara, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTELLIGENCE MAPPING PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 65, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

Afandi, R, (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Aqib, Zainal, dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Dewi, B. F. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
H. Sujati, 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : FIP UNY.
Kasibolah , Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Depdikbud.
Saputra, R. R. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 7(1), 19-28.
Suprayogi, A. (2010). Hubungan Motivasi Belajar dan Partisipasi Siswa dalam Interaksi Edukatif dengan Prestasi Belajar pada Matadiklat Mengukur Menggunakan Alat Ukur Mekanik Presisi di SMK Muhammadiyah 1 K. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.