PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 1001004 SITINJAK

Main Article Content

Sartika Rati Asmara Nasution

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di SDN 100104 Sitinjak, bahwa rendahnya dan hasil belajar tematik siswa kelas III pada tema Lingkungan. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa pada tema lingkungan melalui Strategi Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa pada tema lingkungan melalui Strategi Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini siswa kelas III sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pencatatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi fhoto, lembar tes. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase Aktivitas  siswa siklus I sebesar 50,30%, meningkat pada siklus II menjadi 74,38% dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 71,4% meningkat pada siklus II sebesar 97,7%. Jadi, pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru dapat menggunakan Strategi Inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
S. R. Nasution, “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN DI KELAS III SDN 1001004 SITINJAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 267, Jan. 2020.
Section
Artikel

References

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Badarudin. 2011. Hakikat IPA di SD. (online). http://ay;4balby.wordpress.com/2011/02/22/hakikat-ipa-di-sd/diakses
tanggal 25 Juli 2011.

Christine C. Papas, dkk.1990. An integrated elementary school language perspective in the Longman. London

Darliana. 2007. Keterampilan dan Teknik Berfikir Sederhana untuk Pembelajaran IPA SD. Bandung: PPPPTK IPA

Dyah Sriwilujeng. 2011. "Strategi Pembelajaran Aktif. Makalah disajikan dalam Diklat Pengembangan dan Pembangunan Karakter Bangsa, PPPPTK PKn dan IPS Malang, Malang, 19 Mei 2011.

Gimin. dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Subroto Hadi, 2000. Pembelajaran Tematik dan Aplikasinya di Sekolah Dasar.
Makalah

I. Made Alit Mariana dan Wandy Praginda. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Kemmis dan MC. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo, Persada.