THE STRUGGLE OF WOMEN AGAINST PATRIARKAT CAPITALISM IN LUKA PEREMPUAN ASAP NOVEL BY NAFI'AH AL'MA'RAB (VANDANA SHIVA ECOFEMINISM PERSPECTIVE)

Main Article Content

Dwi Yuniar Darni . Setya Yuwana

Abstract

Novel Luka Perempuan Asap memberikan gambaran kerusakan lingkungan yang terjadi akibat keserakahan manusia. Mereka hanya mementingkan keuntungan semata tanpa memerhatikan dampak yang terjadi setelah alam dimanfaatkan secara tidak bijak. Novel Luka Perempuan Asap ditulis oleh Nafi’ah Al-Ma’rab untuk mengingatkan pembaca bahwa kerusakan alam yang berujung bencana asap telah membuat banyak orang menderita, terutama wanita dan anak-anak. Novel ini akan dibedah dengan menggunakan kajian ekofeminisme Vandana Shiva karena selain novel tersebut ditulis oleh penulis perempuan, novel tersebut juga menceritakan perjuangan tokoh perempuan yang melawan kesewenang-wenangan para kapitalis patriarkal yang tidak bertanggung jawab setelah keuntungan mereka dapatkan dari alam yang telah rusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kematian prinsip-prinsip feminitas akibat kapitalisme patriarkat serta perjuangan perempuan melawan kapitalisme patriarkat dengan menggunakan kearifan spiritualitas perempuan tanpa jalan kekerasan yang sesuai dengan perspektif ekofeminisme Vandana Shiva. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa temuan bahwa kapitalisme patriarkat telah mematikan prinsip-prinsip feminitas para perempuan yang alamnya telah dirusak untuk meraup keuntungan dari alam. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perjuangan melawan kapitalisme patriarkat dapat dilakukan dengan menggunakan kearifan spriritual perempuan tanpa menggunakan jalan kekerasan. Meskipun pada akhirnya bencana asap tak dapat dihindari, perjuangan perempuan melawan kapitalisme patriarkat membuat para kapitalis patriarkal dihukum sesuai dengan perbuatan mereka. Novel tentang kerusakan alam sangat bermanfaat sebagai gerakan penyelamatan lingkungan melalui karya sastra.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Yuniar, D. ., and S. Yuwana, “THE STRUGGLE OF WOMEN AGAINST PATRIARKAT CAPITALISM IN LUKA PEREMPUAN ASAP NOVEL BY NAFI’AH AL’MA’RAB (VANDANA SHIVA ECOFEMINISM PERSPECTIVE)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 176, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Al-Ma’rab, Nafi’ah. (2017). Luka Perempuan Asap. Solo: Tinta Medina.
Banawiratma. (2002). “Pemberdayaan Kaum Miskin dengan Perspektif Adil Gender, Hak Asasi Manusia, Lingkungan Hidup” dalam buku 10 Agenda Pastoran Transformatif. Yogyakarta: Kanisius.
Candraningrum, Dewi. (2013). Ekofeminisme: Dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Yogyakarta: Jalasutra.
Endraswara, Suwardi. (2016). Metodologi Penlitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Jakarta: PT Buku Seru.
Endraswara, Suwardi. (2016). Sastra Ekologis: Teori dan Praktik Pengkajian. Jakarta: PT Buku Seru.
Shiva, Vandana. (1997). Staying Alive; Women, Ecology, Survival in India. New Delhi: Kali for Woman.
Shiva dan Mies. (2005). Ecofeminism: Perspektif Gerakan Perempuan dan Lingkungan. Yogyakarta: IRE Publisher.
Suliantoro, Bernardus Wibowo. (2013). Konsep Keadilan Sosial yang Berwawasan Ekologis Menurut Vandana Shiva: Kajian dari Perspektif Lingkungan. Proceeding The 5th International Conference on Indonesian Studies, 67-81/ http://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=870567
Tong, Rosemary Putnam. (2006). Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Aquani Priyatna Prabasmara. Bandung: Jalasutra.
Priyatna, Aquarini dan Mega Subekti. (2017). Ekofeminisme dan Gerakan Perempuan di Bandung. Patanjala. 9 (3) 439-454.
Wiyatmi, Maman Suryaman, dan Esti Swatikasari. (2017). Ekofeminisme: Kritik Sastra Berwawasan Ekologis dan Feminis. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Zega, Devi Christiani. (2014). Relasi Alam dan Perempuan dalam Pemikiran Vandana Shiva. Diperoleh dari http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-05/S57107-Devi20Christiani%20Zega