THE DEVELOPMENT OF CRITICAL AND CREATIVE THINKING ABILITY IN INTEGRATED SCIENCE LEARNING ON HUMAN EXCRESSION SYSTEM MATERIALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Main Article Content

Karina Trimawati Tjandrakirana . Raharjo .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang layak pada materi Sistem Ekskresi Manusia yang mengacu pembelajaran IPA Terpadu untuk siswa SMP. Adapun pengembangan perangkat merupakan modifikasi dari model Dick dan Carey yang diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dan dilakukan pengulangan sebanyak 2 kali. Rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian yang diukur adalah validitas, reliabilitas, dan sensitivitas dari perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) dari 10 butir soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif terdapat 2 butir soal yang dinyatakan tidak valid dengan nilai rata-rata masing-masing butir soal yang tidak valid 0,53, (b) reliabilitas perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif sebesar 85% dengan kategori tinggi, (c) kedua butir soal yang tidak valid juga dinyatakan tidak sensitiv dan memiliki nilai sensitivitas masing-masing sebesar 0,03 dan 0,26, dan (d) hasil tes berpikir kritis dan kreatif siswa terdapat peningkatan, kemampuan berpikir kritis meningkat dari 12,73 (kurang kritis) menjadi 21,08 (sangat kritis) sehingga memperoleh N-Gain sebesar 0,70 (tinggi)  dan kemampuan berpikir kreatif meningkat dari 10,05 (kurang kritis) menjadi 17,02 (kreatif) sehingga memperoleh N-Gain sebesar 0,54 (sedang). Simpulan perangkat tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA Terpadu yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Trimawati, T. ., and R. ., “THE DEVELOPMENT OF CRITICAL AND CREATIVE THINKING ABILITY IN INTEGRATED SCIENCE LEARNING ON HUMAN EXCRESSION SYSTEM MATERIALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 182, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Anwar, M.D, Shamim-ur-Rasool, S, & Haq, R. 2012. A Comparison of Creative Thingking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Educational, 1 (1), pp. 23-28.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Borich, G.D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching Second Edition. United States of America: Macmillan Publishing Company.
Campbell and Reece. 2008. Biology Eight Edition. San Francisco: Pearson Benjamin Cummings, United States of America.
Dick & Carey. 2009. The Systematic Design of Instruction. United States of America. Pearson.
Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment. Theory Into Practice, Vol.32, No.3, pp. 179-186.
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: their nature and assessability. Informal Logig, Vol.18, No. 2 & 3, pp. 165-182.
Infodatin. 2017. Situasi Penyakit Ginjal Kronis. Jakarta: Pusat Data dan Informasi, Kementrian Kesehatan RI.
Jufri, A. Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Penerbit Pustaka Reka Cipta.
Kemdikbud. 2015. Pedoman Teknis Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Jenjang SMP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud.
Khanafiyah, S. & Rusilowati. 2010. Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Jenis Eksperimen dan Pemahaman terhadap Materi Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 27. No 2.
Marzano, Robert J et al. 1988. Dimensions of Thingking: A Framework for Curriculum and Instruction. United States of America.
Murfiah, Uum. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.
Panjaitan, A.H & Surya, Edy. 2017. Creative Thinking (Berpikir Kreatif) dalam Pembelajaran Matematika. Artikel. Universitas Medan.
Permendikbud. 2018. Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: jdih.kemdikbud.go.id.
Pradana, Parno, Handayanto. 2017. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometri untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 21. No 1.
Ratumanan, T.G. & Laurens, T. 2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: UNESA University Press.
Redhana, I Wayan & Sya’ban, Suhemi. 2014. Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Riset Inovatif II. ISSN : 2339-1553.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susiawan, Ending. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer Berdasarkan Masalah di Kelas X TEI SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 2, No. 2, 545-554.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.