ANALISIS PENGARUH ATMOSFER KENYAMANAN TOKO, AKTIVITAS RELATIONSHIP MARKETING, DAN HARGA KHUSUS TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA DACHI MART TELUK DALAM KABUPATEN NIAS SELATAN

Main Article Content

Arwan Karier Harefa

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menguji pengaruh atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus terhadap retensi pelanggan. Obyek penelitian yang dipilih adalah para pelanggan dari Toko Swalayan Dachi Mart Teluk Dalam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample pada penelitian ini adalah convenience accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 sampel. Metode pengumpulan data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada para responden. Hasil dari data survey selanjutnya diolah dengan analisis regresi yang dijalankan dengan bantuan program SPSS. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk keempat variabel (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, harga khusus dan retensi pelanggan) telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (atmosfer kenyamanan toko, aktivitas relationship marketing, dan harga khusus) yang diajukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan. Hal ini berarti ketiga hipotesis yang diajukan diterima.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Harefa, “ANALISIS PENGARUH ATMOSFER KENYAMANAN TOKO, AKTIVITAS RELATIONSHIP MARKETING, DAN HARGA KHUSUS TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA DACHI MART TELUK DALAM KABUPATEN NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 222, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Aaker, D. (1991), Brand Equity, The free Press, New York, NY
Suharsimi, Arikunto, 1996, Prosedur Penelitian; suatu pendekatan praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Asubonteng, P. Mccleary, K.J., & Swan, J.E., 1996, “SERVQUAL revisited: a critical review of service quality”, The Journal of Services Marketing 10 (6), 62-81.
Bloemer, Josee,Ko de Ruyter, dan Pascar Peeters, 1998,” Investigating Drivers of Bank Loyalty : the Complex Relationship Between Image, Service Quality, and Satisfaction”,International Journal of Bank Marketing , Vol.17,No.7.
Chang, Chih-hon dan Chia-Yu Tu, 2005, “Exploring Store Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty Relationship: Evidence from Taiwanese Hypermarket Industry”, The Journal of American Journal of Service Marketing, Vol.12, No.4
Basu Swasta, Dharmendra, 1999, Loyalitas Pelanggan Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 14 no. 3, pp. 73-88
Dianoux, et al., 2006, “Standardization/Adaptation of the Retailing Format: An Exploratory Research on French and Italian Customers”, Universita Ca Forsaci Venezia 20-21 gennaio.
Imam Gozali, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Imam Gozali, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Sutrisno Hadi, 1993, Metodologi Research, Jilid 1, Yogyakarta, penerbit Andi Offset.
Hair, JR., Joseph F., Rolp E. Anderson, Ropnald L. Tatham and William C. Black, (1995) , Multivariate Data Analysis with Reading, Fourth Ed., Prentice Hall International, Inc.
Jennie, Siat, 1997, “Mass Marketing dan Customer-Centered: Sebuah Dikotomi Untuk Mencapai Customer Loyalty”, Usahawan, No. 03 Tahun XXVI Maret 1997.
Kotler, Philip 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta.
Lamb, Hair dan Mc.Daniel, 2001,”Pemasaran Buku 2”, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Lusch, Robert F., Patrick Dunne dan Randall Berhardt, 1993,” Retail Marketing”, College Division South – Western Publishing Co, Second Edition, Ohio.
Mowen, J.C., 1995, Cocsumer Behavior, Prentice Hall. Inc, New Jersey
Putler, Daniel S, Kirthi Kalyanam, dan James S. Hodges, 1996, “A Bayesian Approach for estimating Target Market Potential With limited Geodemographic information”, Journal of Marketing research, vol. 33 (May 1996)
Rusdarti, 2004,”Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang”, Jurnal Bisnis Strategi,Vol. 13, Juli,pp 54-65.
Samli, A. Coskun, J. Patrick Kelly, dan H. Keith Hunt, 1998, “Improving the Retail Performance by Contrasting Management-and Customer-perceived Store images: A Diagnostic Tool for Corrective Action”, Journal of Business Research, 43, (1), pp. 27-38
Singgih Santoso,. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Sin, Leo Y.M., Alan Tse C.B. Yim, Frederick H.K (2005), “CRM: Conceptualization and Scale Development’, European Journal of Marketing, Vol.39, No.11/12, pp.1264-1290.
Smith, Michael F. dan Indrajit Sinha, 2000, “The Impact of Price and Extra Product Promotion and Store Preference”, International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 28 Number. 2.
Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV Alfabeta, Bandung
Husein Umar, 1999, Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis, Rajawali Press, Jakarta