MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PROYEKTOR PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014.

Main Article Content

Anita Zagoto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak berita melalui penggunaan media proyektor di SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A Semester I SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 50 orang dan terdiri dari 21 orang laki-laki dan 29 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan berbagai instrumen yaitu, lembar observasi, tes menyimak berita dan angket.Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I adalah 48% siswa yang tidak terlibat aktif pada pertemuan pertama dan 30% pada pertemuan kedua. Siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran pada pertemuan pertama 76,87% sedangkan pada pertemuan kedua adalah 82,50%. Hasil pengamatan untuk peneliti adalah 85.71% pada pertemuan pertama dan 92,85% pada pertemuan kedua. Rata-rata nilai siswa pada tes menyimak berita pada siklus I ini adalah 65,46 dengan persentase 87,45%. Pada siklus II siswa yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran adalah 16 % pada pertemuan pertama dan 6 % pada pertemuan kedua. Persentase siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran adalah 86.75% pada pertemuan pertama dan 89,87% pada pertemuan kedua. Rata-rata nilai siswa pada tes menyimak adalah 88,28 dengan persentase ketuntasan 92%. Hasil angket pada akhir siklus II berkategori sangat baik dengan persentase 90,17%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan proyektor dalam pembelajaran maka keterampilan siswa menyimak berita dapat meningkat serta menciptakan pembelajaran yangberkualitas. Sebaiknya guru dapat menguasai media yang digunakan dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tercipta suasana yang menyenangkan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Zagoto, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PROYEKTOR PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014.”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 228, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Anwar, Desi.2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Karya Abdi Tama.
Arsyad.2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Djuroto. 2003. Menyimak Berita. Pustaka Agung Harapan, Surabaya.
Depdikbud.2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta
Gunawan dan Muchtar, A.M. 2001. Sari Kata Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
Hadi, A. dan Haryono.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia, Bandung.
Hardini, Tri.2006. Alternatif Pembelajaran Bahasa. www.apsi-ppsi.com Mei,2006
Margono,S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rikena Cipta.
Madya, Suwarsih. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogya.
Nurhadi dkk. 2007. Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VII. Malang: Penerbit Erlangga.
Nursito. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogjakarta: Adicita.
Rohani, Ahmad. 1997. Media instruksional edukatif. Jakarta: Rikena Cipta.
Siregar, Amir Effendi. 1987. Kejurnalistikan. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta.
Suyatno. 2004. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
Subana, M dan Sunarti. 1998. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia , Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana dan Rivai. 2001. Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suriamiharja, dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta:Depdikbud.
Sutari. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Soeparno. 1998. Jenis Media dan Dasar-Dasar Pemilihan Media. Pustaka Jaya. Jakarta.
Syamsuddin, & Damaianti . 2007, Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Suhendi, Supirah. 1993. Pendekatan Teori Sejarah dan Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Prioner Jaya.
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Surakarta: Tiga Serangkai.
Sensusi. 2007. Dengan Dongeng Membangun Moralitas dan Kreativitas, www.kompas.com. Juli, 2007.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa/
Tuwu, Allimudin. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.
Teda, Ouda. (?). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. http://www.aitech.ac.jp/iteslj/ Maret, 2005.
Zulfahnur, Azis Abdul. 1986. Diktat Analisis dan Rangkuman Bacaan Sastra. Jakarta: Depdikbud.