PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO

Main Article Content

Maria Magdalena Duha

Abstract

Kurikulum 2013 menekan pada pelaksanaan pembelajaran yang bersifat aktif. Dari sekian banyak model pembelajaran aktif, beberapa diantaranya adalah model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran Numbered Head Togeher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Craeative Problem Solving dan model pembelajaran Numbered Head Togeteher. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen I lebih tinggi dari kelas eksperimen II. Berdasarkan Analisis data diperoleh bahwa thitung tidak terletak pada daerah penerimaan tersebut sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving dan model pembelajaran Numbered Head Together dimana hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Numbered Head Togeteher. Disarankan agar model pembelajaran Creative Problem Solving ini dijadikan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Duha, “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 235, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta
________2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
_______2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful. 1999. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kurnasih, Imas dan Berlin, Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Profesionalita Guru: Kata Pena
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajara., Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Purwanto, Ngalim. 20014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.s
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Jakarta: Raja Grafindo.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Belajar yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendididkan, Bandung: alfabeta, CV
Sumiati dan Asra. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
________2016. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana.1996. Metoda Statiska. Bandung: Tarsito
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Undang-Undang Dasar 1945 amandemen lengkap dan susunan kabinet kerja 2014- 2019. Surabaya. Triana Media.
Rosidalia. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw dan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS N 1 Kota Makasar. https://media.neliti.com, diakses 20 februari 2018).
Yanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII IPA di Gugus IV Kecamatan Kuta Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan (https://ejournal.undiksha.ac.id).
Herma herma. 2014. Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan (https://www.neliti.com)