RELATIVE CLAUSE LANGUAGE JAVA AND HOKKIEN: A COMPARATIVE ANALYSIS

Main Article Content

Surya Kelana Putra Mulyadi .

Abstract

Bahasa adalah suatu sarana komunikasi yang memiliki struktur dan makna yang bebas sebagai tanda menyimpulkan suatu tujuan.Adapun tulisan ini berisi perbandingan klausa relatif dalam bahasa Jawa dan bahasa Hokkien, dimana pembahasan pada klausa relatif sangat produktif dalam dua bahasa tersebut. Ada perbedaan yang dapat ditemukan dalam bandingan tersebut. Perbedaan itu didasarkan pada perbedaan sintaksis kedua bahasa. Dalam bahasa Jawa klausa relatif hampir sebagian besar menggunakan pronomina relatif sing terutama pronomina yang merelatifkan subjek, objek, kata benda, predikat dan nomina. Berbeda dengan bahasa Hokkien, pronomina relatif dalam klausa relatif sangat tidak beragam, maksudnya kadang menggunakan pronomina yang atau tidak menggunakan pronominal yang sama sekali, Dalam tulisan ini dibatasi pada pronomina relatif sing dalam bahasa Jawa dan personal pronomina relatif yang berbasis pada persona pronomina pada bahasa HokkienPenelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan komparatif. Pada penelitian ini mendeskripsikan klausa relatif dalam bahasa Jawa dan bahasa Hokkien. Dalam deskripsi bahasa Jawa klausa relatif akan diuraikan berdasarkan fungsi sintaksisnya pengganti subjek, pengganti objek, dan pengganti nomina, pengganti kata benda dan predikat. Begitu juga dalam bahasa Hokkien.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Putra and M. ., “RELATIVE CLAUSE LANGUAGE JAVA AND HOKKIEN: A COMPARATIVE ANALYSIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 357, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Alotaibi, Abdullah M., 2016. Examining the Learnability of English Relative Clauses: Evidence from Kuwaiti EFL Learners. Canadian Center of Science and Education, 9 (2): 57-65
Cook, WA 1969. Introduction to Tagmemic Analysis. Londong: Holt International Edition. DeCapua, A. 2008. Grammar for Teachers: A Guide to American English for Native and Non-Native Speakers. New York: Springer.
DeCapua, A. 2008. Grammar for Teachers: A Guide to American English for Native and Non-Native Speakers. New York: Springer.
Downing, Angela and Philip, Locke. 2006. English Grammar A University Course Second Edition. New York: Routlage.
Elson, Benjamin & Pickett, Velma. 1969. An Introduction to Morpholog and Syntax. California: Summer Institute of Linguistics.
Gucker, Philip. 1966 Essential English Grammar. New York: Dover Publications, INC.
Halliday, MAK (1970). The Linguistic Sciences and Language Teaching. Bloomington: Indiana University Press.
Indira, Dian. 2010. "Relative Clauses Hokkien language and its equivalent in the Java language". Papers in International Seminar -UKM Padjadjaran University, Bandung May 7, 2010.
Keenan, Edward L & Comrie, Benard. 1977. Noun Phrase Accessibility and Universal Grammar. Linguistic Inquiry, 8 (1): 63-99.
Kridalaksana, H. 2008. Dictionary of Linguistics. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mallinson, Graham and Barry J Blake. 1981. Language Typology, Cross Linguistic Studies in Syntax. Amsterdam: North Holland Publishing Company.
Mikael Parkvall, "Världens 100 största språk 2007" (The World's 100 Largest Languages in 2007), in Nationalencyklopedin
Nazir, Moh. 2005. Methods. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pike, Knneth L & Pike, Evelyn G. 1977. grammatical Analysis. Dallas: Summer Institute of Linguistics and University of Texas at Arlington.
Richards, Jack C. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics. Essex: Longman Group Limited
Sudaryono, 2002. Assessing Language and Literature. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Suharsono. 2015. "The acquisition of relative clause for the Java language learners Aada Ayang Speakers (BIPA): Study of Language-Between". In Litera, Volume 14, Number 1, April 2015.
Suprapto, Djuria. 2012. Comparative Analysis of Passive Sentences With the Java language English. In humanities Vol.3 1 April 2012: 290-298.