PENGGUNAAN METODE ‘KOOPERATIVE’ PADA KOMPETENSI DASAR ‘MENDESKRIPSIKAN KONSEP INTEGRAL TAK TERTENTU SUATU FUNGSI SEBAGAI KEBALIKAN DARI TURUNAN FUNGSI’ DI KELAS XI ADM 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SMK N 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Ika Afridah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang: 1) Motivasi belajar siswa meningkat pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep integral tak tertentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi di kelas XI Administrasi (ADM) 1 semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan dengan metode kooperatif, 2) Keterampilan siswa meningkat pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep integral tak tertentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi di kelas XI ADM 1 semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan dengan metode kooperatif, 3) Prestasi belajar siswa meningkat pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep integral tak tertentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi di kelas XI ADM 1 semester 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan dengan metode kooperatif. Dari hasil data diketahui bahwa nilai rata-rata penguasaan materi pembelajaran ‘turunan fungsi, notasi integral dan rumus dasar integral tak tentu’ melalui ‘metode kooperatif’ di kelas XI Administrasi (ADM) 1 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 SMK Negeri 1 Padangsidimpuan adalah 32 peserta didik yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=60) dari siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 peserta didik atau setara dengan keberhasilan 89,1% terampil pada mempresentasikan hasil diskusi tentang materi ‘turunan fungsi, notasi integral dan rumus dasar integral tak tentu’, yaitu dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, maka hipotesis yang ditegakkan diterima kebenarannya. Artinya keterampilan siswa meningkat yang signifikan pada mempresentasikan hasil diskusi tentang materi ‘turunan fungsi, notasi integral dan rumus dasar integral tak tentu’ melalui ‘metode kooperatif’ di kelas XI Administrasi (ADM) 1 semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Afridah, “PENGGUNAAN METODE ‘KOOPERATIVE’ PADA KOMPETENSI DASAR ‘MENDESKRIPSIKAN KONSEP INTEGRAL TAK TERTENTU SUATU FUNGSI SEBAGAI KEBALIKAN DARI TURUNAN FUNGSI’ DI KELAS XI ADM 1 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SMK N 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 394, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Achmadi dan Supriyanto. 2000. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alimuddin. 2013. Materi Bimtek Profesionalisme Guru. SMA Matematika IPA. Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar.
Anton, Howard dan Rorres, Chris. 2004. Dasar-dasar Aljabar Linear, Versi Aplikasi, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar.a
Dimyati dan Mujiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Qirana Shali, dkk. 2012. Penerapan Model Explicit dalam Memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Cirebon). cs.upi.edu ( 14-02-2013).
Iru La, La Ode Saifun Arihi. 2012. Analisi Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Multi Presindo: DIY.
Isjoni, H. 2008. Model – Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamarah, Drs Syaiful Bahri dan Drs. Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.