PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA DAN PENANAMAN TANAMAN OBAT DI DESA LABUHAN RASOKI

Main Article Content

Aisyah Mentari Susi Yanti

Abstract

Pengobatan menggunakan tumbuhan dilakukan sejak dahulu secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia. Tanaman Obat Keluarga yang biasa disingkat dengan TOGA merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Pengembangan tanaman berkhaasiat obat yang telah mengalami perkembangan sehingga terdapat penemuan obat maupun teknologi baru, masyarakat memiliki peran penting dalam pengembangan tanaman obat. Kelompok Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Labuhan Rasoki. Tanaman obat keluarga pada hakekatnya adalah merupakan sebidang tanah, baik halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. TOGA identik dengan jamu yang berasal dari tanaman obat. Pada kegiatan ini  dilakukan penyuluhan tentang pemanfatan tanaman obat keluarga di Desa Labuhan rasoki.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Mentari and S. Yanti, “PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA DAN PENANAMAN TANAMAN OBAT DI DESA LABUHAN RASOKI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 1, p. 421, Feb. 2020.
Section
Artikel

References

Aditama TY. (2014). Jamu dan Kesehatan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Anonim. Modul II Materi pelatihan Peningkatan Pengetahuan dan ketrampilan Memilih Obat Bagi Kader. Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2008.
Anonim. Sembilan Tanaman Obat Alam Indonesia yang Telah Uji Klinis. Jakarta: Herbatek; 2011.
Anonim. Mereka Semua Terabaikan, dalam 100 Plus Herbal Indonesia. Bukti Ilmiah dan Racikan. Trubus Info Kit. PT Trubus Swadaya. 2014
Bidhuan. (2015). Kumpulan Poster Pesan Apoteker tentang Obat yang Wajib Diketahui Publik. http://bidhuan.id/apoteker-edukasi/33980/kumpulan-poster-pesan-apoteker-tentang-obat-yang-wajib-diketahui-publik/
Hastuti, Sriadi Setyawati, dan Nurul Khotimah. Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Desa Purwobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) [Laporan pengabdian Masyarakat]. Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.
Kementerian Kesehatan RI. 100 Top Tanaman Obat Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional; 2011.
Pusat Informasi Obat Nasional BPOM. http://pionas.pom.go.id/ioni/lampiran-6-petunjuk-praktis-penggunaan-obat-yang-benar/petunjuk-praktis-penggunaan-obat.
Paulus, H. 2012. Herbal Indonesia Berkhasiat. Vol 10. Depok. Trubus Swadaya
Susanto, A. (2017). Komunikasi Dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kecamatan Margadana. Jurnal Para Pemikir, 6(1).
Wijayakusuma, H. M. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Sembuhkan Penyakit. Pustaka Bunda. Jakarta.