HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN DENGAN PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Main Article Content

Nirmala Santi Fahkrullah I Tama Umar

Abstract

Pembelajaran matematika yang masih kurang bervariasi dibeberapa sekolah menjadi latar belakang penelitian ini, selain dari hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan membandingkan efektifitas suatu proses pemelajaran, yang akan menyebabkan terjadinya perubahan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran yang dibandingkan tersebut adalah pembelajaran snowball throwing dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 27 Padang. Penelitian ini berjenis kuantitatif metode true experimental design dengan rancangan posttest only control design. Penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan cara undian, merupakan modifikasi dari simple random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (pembelajaran snowball throwing) dan control (pembelajaran biasa). Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar pada ranah kognitif. Data hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik 81,3 dengan pembelajaran snowball throwing dan 71,1 dengan pembelajaran biasa/konvensional. Pengolahan data hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan uji mann whitney dengan tingkat kepercayaan 95%. Setelah dilakukan uji tersebut didapat nilai . Kesimpulannya terdapat beda hasil belajar antara kedua kelas sampel. Jadi penerapan pembelajaran snowball throwing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Berarti pembelajaran snowball throwing lebih efektif digunakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Santi and F. I. Umar, “HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN DENGAN PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 48, May 2020.
Section
Artikel

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama, Bandung.
Agus, Suprijono. 2015. Cooperative Learning. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Ali, S & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Universitas Negeri Makasar, Makasar.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Bumi aksara, Jakarta.
Arvira Oktaviani, M & Basuko Notobroto, H. 2014. Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan Vol.3 N0.2, 127-135
Dicky Hastjarjo. (2008). Ringkasan buku Cook & Campbell. (1979). Quasi-Experimentation: Design & Analysis Issues for Field Settings. Houghton Mifflin Co.
Handayani, T., dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula Vol. 2 No. 1, 47-58.
Mulyana, E. S. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Silaban, B., dkk. 2014. Aplikasi Mann-Whitney untuk Menentukan Ada Tidaknya Perbedaan Indeks Prestasi Mahasiswa yang Berasal dari Kota Medan dengan Luar Kota Medan. Jurnal Saintika Matematika Vol. 2 No.2, 173-187