PENGARUH MINAT BACA, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA BISNIS DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG”

Main Article Content

Dike Rama Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat membaca terhadap motivasi belajar pada mata kuliah matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar pada mata kuliah matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang 3) Pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang, 4) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang 5) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  mahasiswa yang belajar mata kuliah matematika bisnis program studi manajemen Universitas Putra Indoesia YPTK Padang yang berjumlah 147 mahasiswa, dan sampel 107 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan  Proportional Random Sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner untuk memperoleh data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Putra, “PENGARUH MINAT BACA, DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA BISNIS DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG””, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 276, May 2020.
Section
Artikel

References

Elis Mediaeati .2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Universitas Negeri Malang.
Harrychoon Angmalisang. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. Universitas Negeri Manado.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jufri, Wahib. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kurniawan, Khaerudin. 2000. Tradisi Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan. Yogyakarta
Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan. 2010. Belajar Mudah Untuk Penelitian Baru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.
Retariandalas. 2017, Pengaruh Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Rohani, Ahmad. 2004. Media Intruksional Edukatif. Jakarta : Rieneka Cipta.
Surdiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: PT. Ciputat.
Tarigan, Henry Guntur. 2008 . Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
The Liang Gie. 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta. Gajah Mada University Pers.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.
Uno Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman, Husein. 2006. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama