PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENYUSUN RESENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

Main Article Content

Bimerdin Daely

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pada materi menyusun resensi novel, mendeskripsikan proses pengembangan modul yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran menyusun resensi novel siswa kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan karena produk yang akan dihasilkan diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran menyusun resensi novel, dan diharapkan mampu meningkatkan keatifan siswa dalam belajar. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk bahan ajar cetak, yakni sebuah modul pembelajaran bahasa Indonesia yang berisi materi menyusun resensi novel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, nilai validitas modul sebesar 91 dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan modul yang diisi oleh guru sebesar 89 dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk kepraktisan modul oleh siswa sebesar 90,6 dengan kategori sangat praktis. Keefektifan modul dapat dilihat dari hasil analisis lembar observasi siswa selama belajar menggunakan modul. Hasil efektivitas modul adalah 86,66 dengan kategori sangat efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Daely, “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENYUSUN RESENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 304, May 2020.
Section
Artikel

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembalajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Daryanto. 2013. Penyusunan Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gay, L.R., dkk 2009. Educational Research: Comprehencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson.
Marwoto. 2009. Mari Meresensi Buku. Semarang: PT Sindur Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaiandalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Yogyakarta: PT BPFE.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto, 2012. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.