PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER DI ABAD-21 PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI

Main Article Content

Suhud . Nurmida Catherine Sitompul Sugito .

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 yang sudah berjalan, membuat pemerintah berjanji menyediakan bahan ajar yang berkenaan dengan buku siswa maupun buku pegangan guru. Namun, masalah yang muncul saat ini adalah masih banyak bahan ajar yang belum tersedia yang berbasis karakter. Sehingga hal ini menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam kegiatan belajar Bahasa Indonesia yang berkarakter. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa buku bahan ajar berbasis karakter di Era abad 21 pada Pelajaran Bahasa Indonesiakelas XI SMK sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia dan menganalisis respon siswa terhadap Bahan Ajar  yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan menurut Moelenda, yaitu ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan skor kelayakan isi dan materi sebesar 93.08% dengan kriteria sangat layak, dan kelayakan desain cover dan isi sebesar 81,82% dengan kriteria layak, dan kelayakan dari respon siswa sebesar 92.75% dengan kriteria layak. Rata-rata ketiga komponen telaah dan validasi tersebut adalah 89.22% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan skor Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 83% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., N. Sitompul, and S. ., “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER DI ABAD-21 PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 417, May 2020.
Section
Artikel

References

Ab Halim, Tamuri dan Nur Hanani, Hussin. 2017. Pendidikan Abad ke 21 Dalam Kepelbagaian Budaya: Cabaran dan Harapan. Bandung
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset, 2009), hlm. 173
Fadillah. M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kamala, I. (2019). Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.187
Kamus Besar Bahasa Indonesia,https://kbbi.web.id/karakter diakses pada tanggal 12 Oktober 2019
Kamus Besar Bahasa Indonesia,https://kbbi.web.id/karakter diakses pada tanggal 11 Nopemmber 2019
Kemendikbud. 2013. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 Tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Khumairo, D., & Anam, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran di Islamic Boarding School. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mahirdhayani, Feni. 2014. Efektifitas Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Kelas X di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya. (http://digilib.uinsby.ac.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2019).
Mulyasa, H. E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J. (2019). KEPEMIMPINAN SITUASIONAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING LUARAN PENDIDIKAN ABAD 21. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). INTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODUL SOCIOLINGUISTICS : KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY). Jurnal Muara Pendidikan.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sitti Hasnidar, S. H. (2019). PENDIDIKAN ESTETIKA DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH. JURNAL SERAMBI ILMU. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997
Sudjana, Nana. 2009, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sunandar, I. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p996-1002
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan. ResearchGate.