TEKNIK MARIO TEGUH MENARIK PERHATIAN PENDENGAR DALAM ACARA GOLDEN WAYS DI METRO TV

Main Article Content

Bimerdin Daely

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik Mario Teguh untuk menarik perhatian pendengar dalam acara Golden Ways di Metro TV. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian dimulai dengan mengunduh video mario teguh ketika mengisi acara Golden Ways, dan mentranskrip ke dalam tulisan. Selanjutnya, direduksi/dipilah-pilah data yang berdasarkan teori yang digunakan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa teknik Mario Teguh untuk menarik perhatian pendengar dalam acara Golden Ways adalah terdiri atas (1) penceritaan kisah atau anekdot, (2) penggunaan pertanyaan retoris, (3) hal-hal lucu atau humor, (4) pengulangan (repetisi), (5) penyajian hal-hal baru dan aneh, (6) ekspresi, (7)  emosional, (8) penggunaan alat bantu, (9) pencitraan, (10) ciri khas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik yang digunakan Mario Teguh untuk menarik perhatian pendengar dalam acara Golden Ways di Metro TV. Jika dilihat dari tema yang digunakan, MT selalu menyesuaikan tema dengan moment tertentu.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Daely, “TEKNIK MARIO TEGUH MENARIK PERHATIAN PENDENGAR DALAM ACARA GOLDEN WAYS DI METRO TV”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 310, Apr. 2020.
Section
Artikel

References

Suhandang, Kustadi. 2009. Retorika: Strategi, Teknik, dan Taktik Berpidato. Bandung: Nuansa.
Hendrikus, P. Dori Wuwur. 1991. Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Kanisius.
Rakhmat, Jalaluddin. 2006. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan video acara “Mario Teguh Golden Ways” (edisi 3 Maret 2013, 5 Mei 2013, dan 12 Mei 2013).