PENGARUH FASILITAS HALL DEFNAS TELUKDALAM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Main Article Content

Walsyukurniat Zendrato

Abstract

Fasilitas merupakan sarana dan alat yang harus ada untuk memudahkan pengguna dan merasakan kenyamanan dalam beraktifitas. Lengkapnya fasilitas dalam suatu usaha merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Berdasarkan data yang didapatkan peneliti, kepuasan pengguna terhadap fasilitas yang tersedia di hall defnas Telukdalam belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fasilitas hall defnas Telukdalam berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Hall Defnas dan pengambilan sampel menggunakan kriteria samplinginsidental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui perencanaan spasial, dapat meningkatkan kepuasan pengguna karena dapat membentuk sikap loyal dalam menggunakan hall defnas tersebut. Pada hasil penelitian nilai  thitung sebesar 7,935 sedangkan ttabel sebesar 1,984467, dapat dinyatakan bahwa  thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas hall defnas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan terfasilitasnya pengguna melalui perencanaan spasial, perencanaan ruangan, perlengkapan/perabotan, pesan-pesan yang disampaikan secara grafis desain interior, desain eksterior yang baik. Adapun saran dari peneliti yaitu hendaknya fasilitas hall defnas lebih ditingkatkan dengan memperhatikan perencanaan spasial, perencanaan ruangan, perlengkapan/perabotan, pesan-pesan yang disampaikan secara grafis (papan informasi) desain interior dan eksterior untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, “PENGARUH FASILITAS HALL DEFNAS TELUKDALAM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 316, Apr. 2020.
Section
Artikel

References

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung :
Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cravens. 1996. Pemasaran Strategis, Jakarta. Erlangga.
Gujarati, Damodar. 1978. Ekonometrika Dasar. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Keller dan Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Ratnasari, Ririn Tri. 2016, Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Bogor.
Ghalia Indonesia
Riduwan, dan Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung :
Alfabeta.
Sudjana, 2015. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D :
Bandung. Alfabeta
2008. Metode Penelitan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Suliyanto. 2008. Teknik Proyeksi Bisnis. Yogyakarta : CV. Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2017. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi
Dewandri, Yulizarkasih, idhamcholid. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Emilia Palembang. Mdp business school, (online) vol. 3, No. 1, Hal. 2-3, (http://www.eprints.mdp.ac,id diakses 18 juli 2018).
Dewi, Meutia 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Samudra. (online) vol.4, Hal. 207, (http://www.neliti.com/.../ diakses 15 juli 2018).
Harfikah, Jarliah, dan Abdullah nadya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance economic, business, management and accounting journal (online) Vol. XIV No.1, Hal. 53, (http://www.journal.um-surabaya.ac.id/.../ diakses 16 juli 2018)
Hidayat dan Srijani. 2017. Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Aston Madium Hotel & conference centre. Jurnal penelitian ekonomi WIGA.(online) Vol.7, no.1, Hal. 31-38, (http://www.neliti.com/.../ diakses 15 juli 2018)
Oetama, Seamewati. dan sari desy. 2017. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri (persero) TBK di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, jurnal terapan manajemen dan bisnis (online) Vol. 3 No. 1 Hal: 59-65, (https://www.neliti.com/.../ diakses 16 juli 2018).