THE DEVELOPMENT OF LEARNING DOCUMENTS BASED ON PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) MODELS IN IMPROVING UNDERSTANDING CONCEPTS AND CRITICAL THINKING SKILLS OF CLASS V STUDENTS OF PRIMARY SCHOOLS

Main Article Content

Dimas Aditya Nugroho Mustaji . Raden Roro Nanik Setyowati

Abstract

Penelitian ini dilandasi pentingnya penggunaan model pembalajaran Predict, Observe, Explain (POE) untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep bagi siswa. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengatahui dan menjabarkan validitas, keperaktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran berbasis model Predict, Observe, Explain (POE) untuk menignkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembagan dengan mengacu pada model pengembangan 4-D dan penelitian ini menggunakan desain one group pre-test and post test, dengan  menggunakan subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas V SD Negeri Lidah Kulon IV/467 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memilki kategori rata-rata valid dengan nilai 3,7, selain itu untuk analisis keperaktisan dapat dikatakan positif dengan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang baik, dan keefektivan perangkat pembalajaran dapat dikatakan efektif hal tersebut dibuktikan dari ketuntasan nilai pre-test yang sebelumnya hanya sebesar 50% siswa yang tuntas dan setelah mengikuti pembelajaran terintegrasi model POE menjadi 100% siswa tuntas dengan nilai ≥75.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Nugroho, M. ., and R. R. Setyowati, “THE DEVELOPMENT OF LEARNING DOCUMENTS BASED ON PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) MODELS IN IMPROVING UNDERSTANDING CONCEPTS AND CRITICAL THINKING SKILLS OF CLASS V STUDENTS OF PRIMARY SCHOOLS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 485, May 2020.
Section
Artikel

References

Aderson, L.W., &Krathwohl, D.R. (2017). KerangkaLandasanuntukPembelajaran, Pengajaran, danAsesmen. (AgungPrihantoro, Penerjemah). Wittrock: Pearson Education, Inc
Akpinar, Ercan. (2013). The Use of Interactive Computer Animation Based on POE as a Presentation Tool in Primeary Science Teaching. Jurnal of Science Education and Technology. 23(4), 527-537. Doi: 10.1007/s10956-013-9482-2
Akpinar, Ercan. (2013). The Use of Interactive Computer Animation Based on POE as a Presentation Tool in Primeary Science Teaching. Jurnal of Science Education and Technology. 23(4), 527-537. Doi: 10.1007/s10956-013-9482-2
Amri, sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Costu, B., Ayas, A., & Niaz, M. (2011). Investigating The Effectiveness Of A POE-Based Teaching Activity On Students’ Understanding Of Condensation. Instructional Science: An International Journal of the Learning Sciences. Doi: 10.1007/s11251-011-9169-2.
Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Dinuta, N. (2015). The use of critical thinking in teaching geometric concepts in primary school. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 1(1), 788-794. Doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.205
Eggen, Paul., & Kaucha, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Kritis. (Satrio Wahono, Penerjemah). Boston: Pearson Education, Inc.
Fathiara, A., Badarudin., & Muslimin, A.H. (2019) Meningkatkan Kerampilan Berpikir Kritis dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict, Observe, Explain Berbasis Literasi. Mualimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92-101.Doi: http://dx.doi.org/10.31602/muall imuna.v4i 2.1863.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Hsu, C-Y., Tsai, C-C., & Liang, J-C. (2011). Facilitating Preschoolers’ Scientific Knowledge Construction via Computer Games Regarding Light and Shadow: The Effect of the Prediction-Observevation-Expalian (POE) Strategy. Journal of Science and Technoloyi. 20(5). Doi: 482–493. Doi:10.1007/s10956-011-9298-z
Kala, N., Yaman, F., &Ayas, A. (2012). The Efeectiviness of Predict-Observe-Explain Technique in Probing Student’ Understanding About Acid-Base Chemistry: pH, Poh, and Strength. International Journal of Science and Mathematics Education, 11(3), 555-574. Doi: 10.1007/s10763-012-9354-z.
Kuntarto, Eko. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembalajran Aritmatika Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Gantong, 3(2),. 3(2), 97-108. Doi: https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.629.
Subroto. W. T., &Suhanadji. (2011). KonsepdanTeoriIlmu-IlmuSosial. Surabaya: Unesa University Press.
Sundayana, Rostina. (2014), Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2016a). Model-Model PembelajaranEmansipatoris. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Susanto, Ahmad. (2013). TeoriBelajardanPembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Pranamedia Group.
Tilaar, H.A.R., Jimmy Ph, Paat.,&Paat, Lody. (2011). PedagogikKritisPerkembangan, Substansi, danPerkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Trianto. (2009). Mendesain Model PembelajaranInovatifProgresif. Jakarta: KencanapPrenada Media Grup.
Warsono.,&Hariyanto. (2013). PembelajaranAktifTeoridanAsesmen. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.