PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS LEARNING CYCLE7E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Hasanah Rini Puspitasari Mustaji . Raden Roro Nanik Setyowati

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Learning Cycle7E untuk siswa kelas IV sekolah dasar dalam mata pelajaran PPKn. Tujuan Penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Learning Cycle7E. Desain penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Dick and Carey, uji coba lapangan dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran secara deskriptif kualitatif dengan teknik presentase serta analisis infrensial melalui penghitungan N-gain yang ternormalisasi. Hasil dari kualitas produk perangkat pembelajara  pada aspek kevalidan mencapai rata-rata 3,5 sehingga dapat disimpulkan produk tersebut valid dan layak digunakan. Kualitas produk pengembangan berdasarkan aspek kepraktisan meliputi keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran oleh guru dan siswa yang mencapai 86% dan 82% dengan kategori terlaksana sangat baik, kualitas produk pengembangan berdasarkan aspek keefektifan didasarkan pada adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil posttest siswa setelah mengikuti pembelajaran PPKn berbasis Learning Cycle7E dibandingkan hasil pretest sebelum pembelajaran. Meliputi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar yang semula 65% menjadi 90% dan peningkatan ketuntasan klasikal berpikir kritis siswa yang semula 23% menjadi 94%. Penghitungan n-gain untuk peningkatan hasil belajar mencapai 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan n-gain untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0, 57 dengan kategori sedang. Yang artinya ada perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan perangkat pembelajaran PPKn berbasis Learning Cycle7E.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Puspitasari, M. ., and R. R. Setyowati, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS LEARNING CYCLE7E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 501, May 2020.
Section
Artikel

References

Aunurrahman. 2009. BelajardanPembelajaran. Bandung: Alfabeta
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bybee, R. W., J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., Landes N. 2006. The BSCS 5E Instruction Model: Origins, Effectiveness, and Application. Colorado Spring: BSCS
Cahyo, A. 2013. Panduan Apikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual danTerpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.
Chan, Z. C. Y. (2019). Nursing Student’s View of Critical Thinking As “Own Thinking, Searching For Truth, And Cultural Influences. Nurse Education Today. 78, 14-18. Doi: 10.1016/j.nedt.2019.03.015
Chiappetta, Eugene L. And Koballa, Thomas R. 2010. Science Instruction in The Middle and Secondary School: Developing Fundamental Knowledge and Skills (Seventh Edition). Boston: Pearson Education Inc
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang StandarIsi. Jakarta :Depdiknas.
Depdiknas .2016. Permendiknas No 21 Tahun 2016 Tentang StandarIsi. Jakarta :Depdiknas.
Dick. W, Carey. L. J.O. 2015. The Systematic Design of Instruction. Addison-Wesley Educational Publisher Inc.
Dinuta, N. (2015). The use of critical thinking in teaching geometric concepts in primary school. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 1(1), 788-794. Doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.205
Eggen,Paul.,&Kauchak,Don. (2012). Strategidan Model PembelajaranMengajarkanKontendanKeterampilanBerpikirKritis. (SatrioWahono, Penerjemah). Boston: Pearson Education, Inc.
Eisenkraft, Arthur. 2003. Expanding The 5E Model: A porposed 7E Model Emphasis transfer of learning and the importance of eliciting prior understanding. The Science Teacher. Vol. 70 No.6 Summer 2003. Pp. 56-59
Fajaroh, Fauzilatul dan I Wayan Dasna. 2008. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). http://perpustakaan.unhasy.ac.id/gdl42/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiunikaha--fauziatulf-1723. Diunduh tanggal 16 Desember 2019
Hakim, S. A., Sugiarto.,Suparlan., Astawa. K. D., Untara. S., &Hady. N. (2014). PendidikanKewarganegaraandalamKonteks Indonesia. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing)
Huang, K.J., Liu, T.C., Graf, S., and Lin, Y.C. 2008. Embedding Mobile Technology to Outdoor Natural Science Learning Based on The 7E learning Cycle. In J. Luca and E, Weippl (Eds.), Proceeding of World Conference on Edicational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications 2008. Pp. 2082-2086
Husamah dan Setyaningrum, Yanuar. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Imami, Ishmi Aulia. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Magister Prodi PendidikanDasar yang tidakdipublikasikan. Surabaya:PPs UNESA
Jihad, Asep dan Haris, A. (2009). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Julianto dkk. (2011). Teoridanimplementasi model-model pembelajaran inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Khodijah, Nyayu. (2014). PsikologiPendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada
Kunandar.(2013).PenilaianAutentik(PenilaianHasilBelajarPesertaDidikBerdasarkanKurikulum 2013. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Lestari, Ika. (2013). PengembanganBahan Ajar Berbasis Kompetensi (SesuaidenganKurikulumTingkat SatuanPendidikan). Padang: AkademiaPermata
Marek, E. A. 2008. Why Learning Cyle?. Journal of Elementary Science Education, Vol 20. No.3, pp. 63-69
Muijs, Daniel dan Reynold, David. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakata: Pustaka Pelajar
Purwanto, Ngalim. (2014). PsikologiPendidikan. Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Ramadhani, S. P. (2017). PengaruhPendekatanCooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share TerhadapHasilBelajarPKn di SekolahDasar.PremiereEducandum: JurnalPendidikanDasardanPembelajaran. 7(2), 124-134. Doi: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Riyanto, Yatim. (2014). ParadigmaBaruPembelajaran. Jakarta: PrenadamediaGrup.
Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Sari,NofidaSuwita&Basuki,Ismet. (2013). PengembanganPerangkatPembelajaranMenerapkan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation (GI) Berbantuan Software Multisim. JurnalPendidikanTeknikElektro. 2(3), 981-989.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2005. Coperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. (2012). Penilaianhasil proses belajarmengajar. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Sugianti, Sri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique UntukMeningkatkanHasilBelajarPendidikanKewarganegaraan.JurnalPendidikanIlmu-IlmuSosial.9(2), 255-262. Doi: 10.24114/jupiis.v9i2.8283
Sugiyono. (2015). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, Rostina. (2014). StatistikaPenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta
Supardi. (2015). PenilaianAutentikPembelajaranAfektif, Kognitif, danPsikomotorKonsepdanAplikasi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Suprijono, Agus. (2016). Model-Model PembelajaranEmansipatoris. Yogyakarta: PustakaPelajar
Susanto, Ahmad. (2013). TeoriBelajardanPembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Pranamedia Group
Tilaar, H.A.R., Jimmy Ph, Paat.,&Paat, Lody. (2011). PedagogikKritisPerkembangan, Substansi, danPerkembangannya di Indonesia. Jakarta: PT. RinekaCipta
Trianto. (2007). Model pembelajaranterpadudalamteoridanpraktek. Jakarta: PrestasiPustaka.
Trianto.(2011). Model-Model PembelajaranInovatifberoarientasiKonstruktivistik. Jakarta: prestasiPustaka.
Trilling, B., &Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times.San Francisco: Jossey-Bass.
Wahab, A. A., &Sapriya. (2011). Teori&LandasanPendidikanKewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Winarno. (2014). PembelajaranPendidikanKewarganegaraan: Isi, Strategi, danPenilaian. Jakarta: PT. BumiAksara
Yenilmez, K. and Ersoy, M. 2008. “Opinion of Mathematics Teacher Candidate Toward Applying 7E Instructional Model on Computer Aided Instruction Environment”. International Journal of Instruction. Vol.1 No.1 Summer 2008. Pp. 49-60