PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS 5 SD PADA PEMBELAJARAN IPS

Main Article Content

Linda Pebtin Yusnina Yatim Riyanto Suhanadji .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan media komik terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa kelas 5 SD pada Pembelajaran IPS materi peristiwa kebangsaan seputar Proklamasi Kemerdekaan RI. Penelitian ini dilaksanakan di  SDN Dukuh Pakis I/ 486 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu siswa kelas 5A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan sosial dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai normalized gain keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 0,52 dan kelas kontrol adalah 0,26. Nilai normalized gain keterampilan sosial siswa kelas eksperimen adalah 0,55 dan kelas kontrol adalah 0,27. Hasil uji independent samples t-test keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa thitung (2,461) > ttabel (1,674) dengan df=54 dan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji independent samples t-test keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa thitung (4,416) > ttabel (1,674) dengan df=54 dan taraf signifikansi 0,05.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Yusnina, Y. Riyanto, and S. ., “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS 5 SD PADA PEMBELAJARAN IPS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 530, May 2020.
Section
Artikel

References

Akbas, Yavuz dan Safiye Cakmak. (2019). The Effect of Place-Based Education Integrated Project Studies on Students Problem-Solving and Social Skills. Asian Journal of Education and Training Vol. 5, No. 1 p. 183-192 (Online). https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1208547.pdf diakses 27 September 2019.
Arends, Richard I. (2016). Learning to Teach Tenth Edition. Singapore: Mc. Graw Hill Education.
Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Erdogen, Fatma. (2019). Effect of Cooperative Learning Supported by Reflective Thinking Activities on Students Critical Thinking Skills. Eurasian Journal of Educational Research, n80 p. 89-112 (online). https://eric.ed.gov/?id=EJ1211625 diakses 23 September 2019.
Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Fonna, Nurdianita. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Bogor: Guepedia Publisher.
Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi). Bandung: CV. Alfabeta.
Herpratiwi, Ramah, dkk. (2018). Cooperative Learning and Learning Achievement in Social Science Subjects for Sociable Students. Eurasian Journal of Educational Research, n75 p. 81-98 (online). https://eric.ed.gov/?id=EJ1181461 diakses tanggal 4 September 2019.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.
Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia (Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Maryanto, Apriyani Al. dan Sabar Nurohman. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 5 No. 9 (online). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa/article/view/5076 diakses 19 Desember 2019.
Mu’minah, Iim Halimatul. (2018). Pengaruh Pendekatan Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bio Educatio, Volume 3, Nomor 2, p. 01-07 (online). https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1095/1269 diakses 4 September 2019.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Najmonnisa dan Ismail Saad. (2017). The Role of Cooperative Learning Method in Teaching of Science Subject at Elementary School Level: An Experimental Study. Bulletin of Education and Research, vol. 39 no. 2 p.1-17 (online). https://eric.ed.gov/?id=EJ1210156 diakses 4 September 2019.
Priyatno, Duwi. (2016). SPSS Handbook Analisis Data. Olah Data dan Menyelesaikan Kasus-kasus Statistik. Yogyakarta: Mediakom.
Riyanto, Yatim. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Prenama Media Group.
Saragih, Sahat dan Rahmiyana. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA / MA di Kecamatan Simpang Ulim Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 19 No. 2 (online). https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/275 diakses 9 September 2019.
Santosa. (2009). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Solo: PPS UNS.
Sapriya. (2014). Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tilaar, dkk. (2011). Pedagogik Kritis-Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Warsono dan Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.