IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING PADA PERKULIAHAN TAKSONOMI HEWAN INVERTEBRATA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP NIAS SELATAN

Main Article Content

Yan Piter Basman Ziraluo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas dan kompetensi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di STKIP Nias Selatan dengan menerapkan  Strategi Pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan yang menggambarkan rendahnya minat dan kompetensi belajar mahasiswa akibat kurangnya pelibatan mahamahasiswa dalam setiap aktivitas perkuliahan. Pelaksanaan perkuliahan yang masih cenderung berpusat pada dosen membuat mahasiswa tidak responsif dan cenderung pasif dalam mengikuti perkuliahan. Oleh sebab itu, penerapan model pembelajaran inquiry dimaksud untuk memperbaiki dan meningkatkan kuaitas pembelajaran di program studi pendidikan biologi khususnya pada mata kuliah taksonomi hewan invertebrata.  Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dari hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kualitas pembelajaran taksonomi hewan invertebrata. Hal tersebut tampak pada peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar setiap mahamahasiswa di dalam kelas.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. P. Ziraluo, “IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING PADA PERKULIAHAN TAKSONOMI HEWAN INVERTEBRATA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 542, May 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, tanpa tahun, Laporan Hasil Belajar Siswa.
Djamarah, 2002. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain, 2006. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Duha,S, 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Telukdalam.
Eka Purjiyanta, dkk. 2006. IPA Terpadu SMP Kelas VIII Jilid 2 KTSP 2006. Jakarta. Erlangga.
Harefa, A, 2009. Diktat Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA, Diktat tidak diterbitkan, IKIP Gunungsitoli, Gunungsitoli.
Harefa, A. O. 2010. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika. IKIP Gunungsitoli.
Istamar, dkk. 2006. Biologi SMP Kelas VIII Jilid 2 KTSP 2006. Jakarta. Erlangga.
Loi, R, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square di SMP Swasta Kampus Teluk Dalam, Gunungsitoli.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Roestiyah.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Suliyanto, 2006.Metode Rise Bisnist. Yogyakarta. CV. Andi
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
Sudjana, Nana, 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung. Remaja Rosda Karya Offset,
Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group