PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Indriani . Suhanadji . Yoyok Yermiandhoko

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk buku suplemen berbasis kearifan budaya lokal Surabaya. Produk buku suplemen  yang dihasilkan dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi sembilan langkah pengembangan. Kelayakan produk diukur melalui kevalidan produk, kepraktisan produk dan efektivitas produk. Uji kelayakan dilakukan terhadap buku suplemen berbasis kearifan budaya lokal Surabaya. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang dilakukan, diperoleh data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, yakni (a) hasil validasi terhadap materi mecapai persentase 95% dan masuk kategori sangat valid; (b) hasil validasi terhadap ahli desain mecapai presentasi 94% dan masuk kategori sangat valid; (c) tingkat kepraktisan buku suplemen mencapai persentase 93,3% dan sangat praktis;   (d) hasil belajar yang sangat signifikan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pre tes dan post test.

Article Details

How to Cite
[1]
I. ., S. ., and Y. Yermiandhoko, “PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 573, May 2020.
Section
Artikel

References

Adi, Dhahana.(2014). Surabaya Punya Cerita Vol. 1.Surabaya: IBC
Al-Barry (2001 ), Kamus Sosiologi Antropologi. Surabaya: Indah
Arief, H.S.,Maulana, dan Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena ILmiah,l(1) 141-150
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Baharuddin, dan Wahyuni Eka. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran edisi 4 terjemahan. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-undangNomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: DepartemenPendidikanNasional
Dimyati&Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Muslich, Masnur. (2010). Textbook Writing : Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Rusilowati, Ani, “Membudayakan Kearifan Lokal Melalui Penelitian Pendidikan”, Prosiding Seminar Nasional Fisika IV, Semarang: UniversitasNegeri Semarang, 12 Oktober 2013.
Sugiono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
. (2015). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
. (2016). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Suhanadji, Siradjudin. 2017. Pendidikan IPS (hakikat, Konsepdan Pembelajaran). Surabaya: Unesa University Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriatna, Nana, dkk. 2007. Pendidikan IPS Di SD. Bandung: UPI Press.
Supriya. 2012. Pendidikan IPS danPembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
SuyonodanHariyanto, 2011.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tomlinson, B. (2011). Material Development in Language Teaching-Second Edition. Cambride: Cambrige University Press