POTENSI FISIK, SPORTIVITAS, DAN KESEHATAN SEBAGAI TUJUAN BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SISWA SMA/SMK SE KECAMATAN BENOWO SURABAYA

Main Article Content

Anton Prayitno I Made Sriundy Mahardika Amrozi Khamidi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi kondisi potensi fisik, sportivitas dan kesehatan siswa SMA/SMK se kecamatan Benowo. Sasaran penelitian ini adalah siswa yang masih aktif menjadi peserata didik di sekolah yang berada di kecamatan Benowo yang diambil dengan tehnik sampling berjumlah 435 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik desikriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes yang meliputi: tinggi loncatan, kekuatan otot perut, kekuatan lengan, kecepatan, daya tahan, disiplin diri, dan kesehatan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) kekutan otot lengan, tinggi lompatan, daya tahan siswa SMA/SMK kecamatan Benowo masih termasuk kategori kurang dan kurang sekali. (2) Tujuan belajar dalam Pendidikan jasmani,olahraga dan kesehatan (PJOK) siswa SMA/SMK Kecamatan Benowo Surabaya  ternyata belum tercapai. Hal ini diketahui dari hasil potensi fisik yang masih tergolong kategoro kurang dan kurang sekali. kemudia setiap jenjang kelas seharusnya semakin tinggi kelas semakin meningkat pula potensi fisiknya. kelas 11 seharusnya potensi fisiknya lebih baik dari kelas 10, mengingat tujuan dari PJOK adalah meningkatkan potensi fisik.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Prayitno, I. M. Mahardika, and A. Khamidi, “POTENSI FISIK, SPORTIVITAS, DAN KESEHATAN SEBAGAI TUJUAN BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SISWA SMA/SMK SE KECAMATAN BENOWO SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 2, p. 577, May 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Renika Cipta
Brianmac, 1998. Normative data for VO2max (online). http://www.Brianmac.co.uk/beep.htm, diakses 20 maret 2017.
Chen, Ang. (2015) “Operationalizing physical literacy for learner: Embodying the motivation ti move”. Journal of sport and Healt Scien, 4 (2015), 125-131. Diunduh pada tanggal 25 April 2017 dari http://www.sciencedirect.com
Chen, Weiyun, Steve Mason., Austin Hammound-Bennet., Sandy Zalmout. (2015). “Manipulative skill competency and healt-related physical fitness in elementary school student”. Journal of Sport and Healt Science, (2015), 1-9. Di unduh pada tanggal 25 April 2017 dari http://www.sciencedirect.com
Fenanlampir, Albertus. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta : Andi Offset
Goncalves, Reginaldo, Leszek Anthony Szmuchrohrowski, Vinicius Oliviera Damasceno, Marcelo Lemos de Medeiros, Bruno pena Couto., Joel Alves Lamounier. 2014. “Association of body mass index and aerobic physical fitness with ccardiovascular risk factors in children”.Revista Paulista de Pediatria , 2014, 32(3), 208-214. Di unduh pada tanggal 27 April dari http://www.spsp.org.br.
Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLTK.
Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
http://artikelpengertianmakalah.blogspot.co.id/2015/04/makalah-tes-kebugaran-jasmani-dan-macam.html, diunduh pada tanggal 28 April 2017
http://fitness-index.com di unduh pada tanggal 2 mei 2017
http://fitdoorfitness-nl di unduh pada tanggal 4 mei 2017
http://id.wikipedia.org/wiki/Potensi_diri di unduh pada tanggal 4 mei 2017
http://kamusbahasaindonesia.org/potensi/mirip di unduh pada tanggal 4 mei 2107
http://tarihidayat13.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-sportivitas-fair-play.html, di unduh pada tanggal 10 mei 2017
http://www.ikerenki.com/2013/12/arti-makna-definisi-maksud-kesehatan.html, di unduh pada tanggal 10 mei 2017
http://didefinisipengertian.blogspot.co.id/2015/06/definisi-disiplin-pengertian-menurut-ahli.html
http://yoza-fitriadi.blogspot.co.id/2011/01/angket-disiplin-sekolah-yoza-fitriadi.html
Husdarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabetafenan.
KEMENPORA. 2005. Panduan Penepatan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan Dan Pusat Pelatihan Pelajar Dan Sekolah Khusus Olahragawan. Jakarta: Deputi Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga.
Lauster Peter. (2006). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara
Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press
Mubarak, Wahid iqbal. (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Salemba Medika
Mutohir, C., Toho (2011). Berkarakter dengan Berolahraga Berolahraga dengan berkarakter
Nurhasan. (2011). Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi Untuk Satuan Pendidikan Menengah Atas
Porgram Pascasarjana . (2012). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi
SriUndy M., I.Made. (2010). Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press
Sudjana, 2005. Metoda Statistik (edisi ke-6). Bandung: tarsito bandung
Sukardjo, S dan Nurhasan. 1992. Evaluasi Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Surabaya.Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono,2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.