PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN MENJADI PUPUK ORGANIK (MERK MULTI-VIT)

Main Article Content

Amaano Fau Petra C. Sarumaha Destalenta M. Manaraja

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal  hingga saat ini sampah masih menjadi masalah serius diberbagai kota besar di Indonesia. Begitu juga dengan pemerintah kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan khususnya yang bekerja dibidang Lingkungan Hidup telah berupaya mencari solusi untuk pengelolaan sampah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengolah sampah menjadi pupuk organik sehingga masalah sampah dapat teratasi sedikit demi sedikit. Teknik dalam mengelola sampah yaitu dimulai dari pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan akhir/pengolahan. Metode pembuangan sampah yang diterapkan  meliputi Open dumping, Controll Landfill, Sanitary Landfill.  Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dan deskriptif. Pembuatan pupuk organik lengkap dilaksanakan di TPA Sotoo Kabupaten Nias Selatan dan waktu penelitian dimulai dari Tahun 2012 sampai dengan 2015. Hasil penelitian diperoleh bahwa sampah organik yang ada di Nias Selatan dapat diolah menjadi pupuk organik. Pupuk organik yang telah dikelola oleh Badan Lingkungan Hidup Telukdalam Nias Selatan yaitu Pupuk Organik Multi-Vit dan telah dilakukan uji laboratorium, maka diperoleh kandungan  unsur pada pupuk organik Multi-Vit berupa  Nitrogen, P2O5, K2O,  CaO, MgO, Fe2O3,  Cu, Mn, Zn, Sulfur, C.organik, C/N, pH.  Saran dalam penelitian ini adalah agar  pemerintah menggiatkan kegiatan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam memilah sampah berdasarkan jenisnya, dan penelitian dapat digunakan sebagai panduan  atau sumber informasi dalam mengelola sampah organik menjadi pupuk organik.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fau, P. Sarumaha, and D. Manaraja, “PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN MENJADI PUPUK ORGANIK (MERK MULTI-VIT)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 92, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Soma, Soekman. 2010. Pengantar Ilmu Teknik Lingkungan. IPB Press: Bogor.
Firmanti, Anita. 2010. Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 3R. Kementrian Pekerjaan Umum Badan Penelitian dan Pengembangan Pemukiman: Bandung.